Instagram memperluas kemampuan mereka untuk mendorong ke dalam penjualan online dengan dengan fitur belanja menggunakan teknologi terbarunya Augmented Reality yang memungkinkan konsumen untuk “mencoba” produk secara digital sebelum mereka membelinya.

Awal tahun ini, Instagram mengenalkan fitur baru “checkout” (hanya ada di negara tertentu) yang memungkinkan Anda membeli produk langsung di Instagran tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Dengan menggunakan Spark AR, pengguna dapat mencoba produk sebelum melakukan pembelian melalui app.

Berikut semua hal yang perlu Anda ketahui tentang fitur belanja AR Instagram yang baru:

Sebegitu berhasilnya Instagram dalam membangun platform belanja online, namun beberapa produk tidak dapat dijelaskan secara memadai dengan foto atau video. Tetapi berkat augmented reality, pembeli dapat benar-benar mencoba produk sebelum mereka membelinya. Meskipun tidak begitu populer, Google, Facebook, Snapchat, dan baru-baru ini Youtube memiliki semua fitur belanja AR di dalam platform mereka – dan sekarang giliran Instagram!

Hampir mirip dengan bagaimana mereka awalnya meluncurkan filter Augmented Reality, Instagram saat ini meluncurkan Augmented Reality fitur belanja yang masih merupakan beta testing dengan merek-merek pilihan seperti Warby Parker, MAC Cosmetics, Ray-Ban, dan NARS Cosmetics. Merek-merek ini memungkinkan pengguna Instagram untuk “mencoba” produk sebelum mereka “checkout” di Instagram.

Bagaimana menggunakan Instagram Di Fitur AR Shopping :

1. Mulailah dengan mengetuk label produk dalam Instagram Story atau dari postingan salah satu merek tercantum diatas:

2. Pada halaman produk deskripsi yang terbuka akan ditemukan pilihan “Try It On”

3. Ketuk tombol yang akan membuka kamera Instagram Stories Anda dengan efek AR yang menampilkan produk. Bergantung dari produk yang dicari, pada contoh diatas menggunakan “lipstick” yang bisa memiliki opsi dari berbagai warna dan variasi.

4. Setelah itu Anda akan menemukan tombol di bagian atas kamera yang memunkinkan Anda untuk dapat menambahkan produk ke dalam keranjang belanjaan Anda dan melanjutkan dengan memeriksa daftar belanja

Tak dipungkiri bahwa Instagram sudah menjadi tujuan belanja online utama, penggabungan Augmented Reality dan belanja akan membuka peluang bagi terciptanya produk baru. Sebagai contoh, merek furniture dapat menggunakan AR untuk menunjukkan seperti apa produk mereka ada di rumah mereka, dengan menciptakan ruangan yang sesuai secara virtual, memungkinkan orang untuk mencoba baju, kacamata hitam, atau pakaian dalam jumlah banyak untuk melihat cocok atau tidak dengan bentuk dan gaya mereka.

Sumber :

https://later.com/blog/instagram-augmented-reality-shopping/