Ketika user menjadi bingung, sejumlah hal terjadi. Mereka terhenti, mereka kurang mempercayai produk kami dan sayangnya, mereka menekan tombol kembali dan tidak pernah kembali lagi. Ini adalah beberapa aturan paling penting untuk membuat user merasa senang dan tertatrik dengan produk anda:
-
Gunakan warna untuk mengembangkan hierarki
-
Optimalisasi kontras
-
Penentuan wording
-
Hapus garis dan kotak
-
Hindari penggunaan lebih dari 2 typeface
-
Konsistensi
-
Sharing value dengan team
-
Recognition, not recall
-
Gunakan animasi
-
Simple tapi berisi
-
Mengenal target market
-
Buat prototype sebelum produksi produk sebenarnya
-
Mencegah kesalahan lebih baik daripada memperbaikinya
-
Berikan feedback yang informatif
-
Hindari perubahan besar dalam redesign
-
Jangan takut membuat kesalahan
Poin-poin diatas merupakan 16 aturan yang harus diterapkan seorang UX atau User Experience dalam membuat sebuah produk.
Artikel ini merupakan terjemahan dan rangkuman singkat dari artikel asli yang berjudul “User Experience: The Rules Every UX Designer Should Know” oleh Lazaro Ibanez. Untuk membaca lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi tautan berikut link