Photo by Rachel Park on Unsplash

Tetap dalam kondisi prima saat bekerja merupakan hal yang sangat sulit, Tidak butuh waktu lama di hari senin sampai mata anda mulai menunjukan tanda-tanda lesu, punggung mulai lelah dan mulai berharap untuk segera akhir pekan.
Selain dengan menjaga pola tidur dan berolaharaga, pola makan yang baik pun sangat berpengaruh terhadap ketahanan tubuh anda. Dengan menghindari makanan-makanan yang tidak baik untuk tubuh dan menerapkan pola makan yang tepat dapat membantu tubuh kita lebih prima dalam menghadapi pekerjaan.

Berikut beberapa tips dalam mengatur kebiasaan makan

  1. Kurangi konsumsi “Junk Food”
    Makan Junk Food adalah cara paling cepat untuk menurunkan kondisi prima tubuh saat bekerja. Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi akan membuat anda merasa lamban.
  2. Perbanyak konsumsi serat
    Sama seperti karbohidrat kompleks, makan serat yang cukup membantu tubuh Anda untuk mencerna makanan secara perlahan dan teratur. Ini berarti tingkat energi Anda tetap seragam, membuat Anda lebih produktif, lebih waspada, dan lebih siap untuk hari anda.
  3. Pastikan sarapan setiap pagi
    Cara lain yang sangat mudah untuk menjaga energi Anda di tempat kerja adalah memastikan Anda makan sarapan. Bahkan jika Anda bukan seseorang yang umumnya lapar di pagi hari, makan sarapan memastikan tubuh Anda bergerak keluar dari kondisi hemat energi yang ramah tidur dan menuju kondisi terjaga di siang hari.
  4. Sarapan dengan menu yang tepat
    Pastikan anda makan makanan ringan yang tepat di pagi hari seperti dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, makanan yang rendah glikemik. Dengan melakukan hal itu, tubuh anda mendapatkan sumber energi yang baik untuk mengantarkan anda sampai makan siang.
  5. Makanlah sedikit, namun sering
    Makan dalam porsi kecil dan sering adalah cara yang baik untuk menjaga kadar glukosa darah anda konstan, yang membantu Anda mendapatkan energi. Jika anda jarang makan, kadar gula darah tubuh anda sangat rendah di sela-sela waktu makan. Ketika anda akhirnya makan, anda cenderung makan berlebihan, menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya.
  6. Makan siang jangan berlebihan
    Tetap produktif di tempat kerja lebih mudah ketika anda makan dalam ukuran porsi yang lebih kecil. Sebagai contoh, banyak orang percaya bahwa kalkun merupakan penyebab utama banyak orang merasa mengantuk pada saat Thanksgiving, Ini berarti makan siang dalam porsi berlebihan, terutama saat anda sedang bekerja, akan memiliki efek yang sama
  7. Konsumsi lebih banyak Omega 3
    Omega 3 adalah asam lemak esensial yang ditemukan di banyak kacang-kacangan, minyak, dan ikan berlemak. Bahan-bahan penting ini membantu menjaga sel-sel otak anda berkembang, serta membantu tubuh anda menyimpan karbohidrat sebagai energi, bukan lemak. Konsumsi lebih banyak omega 3 dapat membantu anda tetap waspada di tempat kerja.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel asli dengan judul “15 Eating Habits to Make You Stay Productive at Work” oleh Alicia Prince yang diterbitkan pada situs https://www.lifehack.org/ . Untuk melihat lebih lengkap mengenai topik ini silahkan klik pada tautan berikut Link