Dalam ruang kelas di sekolah, para guru biasanya memiliki beberapa cara untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang disampaikan. Cara tersebut seperti meninggikan suara untuk lebih terdengar, membuat cerita yang belum pernah didengar oleh siswa, dan lain sebagainya sesuai dengan kapasitas guru tersebut. Namun, dalam belajar secara online tidak bisa dilakukan seperti cara yang disebutkan tadi karena guru dan murid tidak bertemu langsung, sehingga menarik perhatian peserta didik dalam online learning merupakan sebuah tantangan. Oleh sebab itu, mari kita bahas apa saja yang dapat dilakukan untuk tetap dapat menarik perhatian peserta didik dalam online learning, dan bahkan bisa juga diterapkan juga dalam pembelajaran konvesional. Berikut ada 4 tips yang patut untuk dicoba :

Gunakan Kuis Singkat

Tambahkan kuis singkat di tengah materi pelajaran atau setelah semua materi sudah disampaikan. Kuis tersebut tidak perlu sulit seperti ujian, kuis cukup dibuat sederhana namun dapat merangkum point penting yang disampaikan. Menggunakan kuis merupakan alternative dibandingkan menyuruh peserta didik untuk membaca seluruh rangkuman di akhir. Menggunakan kuis mendorong peserta didik untuk berpikir lebih kritis dengan cara menyenangkan. Contoh menggunkan kuis dalam online learning adalah seperti kuis drag and drop, tebak sebuah gambar atau memvisualisasikan objek yang abstrak sehingga dapat memberikan pandangan pada peserta didik dengan lebih jelas terhadap objek tersebut.

Berikan Contoh Berdasarkan Realita Kehidupan

Peserta didik akan lebih termotivasi untuk mempelajari suatu hal apabila mereka tahu apa kegunaannya dalam kehidupan. Beritahu terhadap peserta didik tujuan dari materi tersebut dengan menggunakan contoh di kehidupan nyata yang tentunya relevan dengan materi. Menggunakan contoh dalam kehidupan nyata juga dapat menekankan pentingnya belajar hal tersebut. Beberapa contoh yang dapat diceritakan adalah tentang kisah inspirasi dari seseorang yang sudah sukses, Cuplikan tentang cara kerja sesuatu, kisah pribadi pengajar, dan lain sebagainya. Selain itu, cerita lebih mudah untuk diingat dan dipahami daripada teks dan orang lebih cenderung mendengarkan dan memperhatikan kisah kehidupan nyata.

Fokus pada Point Penting

Gunakan konsep microlearning dalam membuat konten untuk online learning. Fokus peserta didik dalam online learning lebih singkat daripada belajar tradisional. Oleh sebab itu lebih baik lebih terfokus pada point penting yang disampaikan karena dapat membantu peserta didik untuk lebih fokus dan meningkatkan hasil belajar. Lebih baik merancang materi sederhana dan ringkas daripada yang teks panjang dan rinci selama 90 menit. Caranya adalah dengan mengurangi bagian yang tidak relevan. Menyampaikan terlalu banyak informasi dalam satu pelajaran menyulitkan karena peserta didik tidak memiliki waktu untuk mempelajari setiap detail.

Tampilkan Video yang Menarik

Beri waktu jeda yang menyenangkan dengan video pendek . Video dengan jenis apa saja seperti video live-action dan animasi lebih menarik daripada presentasi denganteks lengkap. Video memiliki suara, gambar, dan warna yang hidup, sehingga dapat mendekati siswa dengan cara yang baru dan menarik. Ada 3 jenis video utama yang dapat Anda sertakan dalam materi :

  1. Video Live Action
    kisah inspiratif menghadirkan aplikasi subjek dalam kehidupan nyata. Ini meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam pelajaran.
  2. Video Pembelajaran Animasi
    Video Animasi dapat mempermudah dalam menjelaskan dan menyederhanakan semua aspek kehidupan dengan cara yang menyenangkan. Dengan memberi peserta didik pelajaran lucu dengan animasi, perhatian muncul secara alami.
  3. Self Record
    Self Record adalag cara yang murah dan efektif untuk menyajikan pelajaran karena dapat meningkatkan koneksi antara pengajar dan peserta didik. Namun bisa saja peserta didik merasa bosan jika menonton pengajar tersebut di layar terlalu lama.

Sehingga kesimpulannya adalah, menarik perhatian peserta didik adalah dengan meningkatkan pengalaman mereka dengan melibatkan peserta didik tersebut dengan multimedia dan membantu untuk memahami suatu bahasan dengan singkat dan ringkas. Dengan menerapkan tips tersebut, materi online learning yang dibuat jauh lebih baikĀ  dan professional.

Source : www.flearningstudio.com