TikTok, merupakan sebuah  video-sharing platform  yang saat ini menjadi social media app dengan perkembangan yang sangat pesat. Seperti yang dikutip dari website BBC TikTok telah mengumumkan rencana untuk ahli dan lembaga untuk menghasilkan konten pendidikan untuk platform tersebut.

Lalu, Apa itu Microlearning Video?

Microlearning video atau video pembelajaran mikro adalah video durasi pendek dan terfokus yang dirancang untuk memenuhi tujuan pembelajaran tertentu.

Manfaat Microlearning Video

Microlearning video menawarkan pembelajaran yang immersive dan menarik. Microlearning video juga bisa diambil kapanpun, dan sifatnya singkat namun fokus untuk membantu pembelajaran.

Microlearning mampu untuk meningkatkan pendidikan profesi dalam beberapa cara seperti,

  1. Cepat, dengan microlearning siswa mempelajari topik dengan ukuran lebih kecil, sehingga akan lebih cepat memahami. Contoh, memahami fungsi Excel atau Kebijakan dalam beberapa menit saja.
  2. Mudah diakses, tidak diperlukan sebuah ruangan kelas, microlearning video dapat diakses dari semua jenis device.
  3. Mudah diingat, mekanisme memori manusia dapat menyimpan sejumlah informasi terbatas. Microlearning mencegah terjadinya cognitive overload dan boost retention.

Pengajar dapat Memulai dengan TikTok

Aplikasi populer TikTok dapat digunakan sebagai alat untuk virtual learning, yakni dengan membuat konten berbasis microlearning video. Mencacah konten lalu membuatnya ke dalam materi video dengan skala yang lebih kecil.

Referensi

https://www.bbc.com/news/technology-53079625
https://thisiszone.medium.com/friday-five-tiktok-clocks-trend-for-micro-learning-73953f9e0b34