Kolaborasi • IT division, AOR, Education development & Provost, BINUS Online
PENDAHULUAN
Seiring dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa, Binusmaya v.5 dan v.6 mulai menghadapi tantangan aksesibilitas yang cukup signifikan karena keterbatasan sistem dalam menangani volume trafik yang semakin tinggi. Sebagai langkah responsif terhadap kebutuhan mahasiswa yang semakin kompleks, pada 2018, BINUS Digital (saat itu masih DMD [Digital-Media Development]) menginisiasi ide Binusmaya v.7. Pembangunan mulai dilakukan pada 2020, dengan infrastruktur sistem cloud untuk meningkatkan ketersediaan layanan, tersedia pada mobile dan web, serta menyajikan cara interaksi belajar-mengajar modern melalui pendekatan Multi Channel Learning (MCL).










TUJUAN
- Meningkatkan ketersediaan sistem
Selalu tersedia bagi seluruh Binusian sehingga tidak ada hambatan dalam proses belajar dan mengajar. - Menyediakan pembelajaran yang fleksibel
Siap dengan berbagai variasi mode pembelajaran, mulai dari pembelajaran tatap muka langsung (onsite), pembelajaran mandiri secara online, pembelajaran virtual, dan campuran antara onsite dan virtual. - Menyediakan interoperabilitas
Memiliki kemampuan integrasi dengan sistem third-party di luar LMS dengan mengadopsi standar Learning Technology Interoperability sehingga dapat melakukan integrasi dengan cepat dan murah. - Menyediakan cara belajar yang modern Menyediakan media dan pengalaman baru dengan mendesain UX LMS dengan trend saat ini yang dekat dengan mahasiswa.
- Memperkuat citra universitas
Menunjukkan komitmen universitas terhadap inovasi dan pembelajaran modern yang berorientasi pada mahasiswa dan dosen.
TANTANGAN DAN SOLUSI
- Integrasi dengan legacy system sekeliling.
Memastikan integrasi yang mulus antara berbagai sistem informasi yang ada seperti BCS, academic services reguler dan BINUS Online, dan sistem exam lainnya. Khususnya pada integritas dari data-data yang dikirim antar sistem. - Pelatihan yang dilakukan bersama BCLD, tim WR1 dan WR2.
Melakukan pelatihan penggunaan fitur-fitur kepada seluruh dosen di BINUS secara rutin. - Membuat artikel knowledge base.
Setiap fitur yang dirilis dituliskan dalam bentuk panduan artikel pada BINUS Support sehingga mahasiswa, dosen, dan staf dapat melakukan eksplorasi secara mandiri. - Pembuatan video knowledge base.
Setelah sebagian besar fitur utama telah rilis, perlu dibuatkan knowledge base berbentuk video panduan mengenai cara-cara menggunakan fitur sehingga dapat membantu dosen dan mahasiswa memahami sebuah fitur lebih cepat.
PERJALANAN BINUSMAYA V.7
- AGUSTUS 2018
Ide awal Binusmaya v.7 disiapkan oleh DMD BINUS (Digital-Media Development). - DESEMBER 2018
DMD BINUS mulai berkoordinasi dan menyempurnakan konsep Binusmaya v.7 dengan IT Division. - JANUARI 2020
Pembangunan Binusmaya v.7 dimulai. - NOVEMBER 2020
Rilis Binusmaya mobile untuk BINUS Online dengan 4 fitur utama. - SEPTEMBER 2021
Rilis Binusmaya web untuk semua jenjang karir (S1, S2, S3) terkecuali BINUS Online. - NOVEMBER 2022
Rilis fitur offline mode pada mobile untuk akses konten dan forum pada BINUS Online. - OKTOBER 2023
Rilis Binusmaya web untuk BINUS Online serta mobile QR class attendance untuk dosen. - OKTOBER 2024
Rilis terbatas fitur gradebook pada jenjang karir S2 BBS. - NOVEMBER 2024
Rilis fitur offline mode pada web untuk akses konten dan forum pada BINUS Online.
FITUR UTAMA
- Jadwal Perkuliahan dan Ujian
- Akses Konten Pembelajaran
- Diskusi Online
- Digital Assessment & Gradebook
- Notifikasi dan Pengingat
- Learning analytics
User engagement dengan nilai bounce rate 16% menunjukkan bahwa sekitar 84% pengguna beraktivitas intensif pada Binusmaya dengan kisaran 24 juta kunjungan pertahunnya.
Tingkat kepuasaan Binusmaya LMS sebesar 82,78%, akan ditingkatkan lagi di masa yang akan datang dan diperlukan FGD dengan stakeholder BINUS University.
KESIMPULAN
Binusmaya LMS v.7 merupakan salah satu sistem utama dari BINUS University dalam menjalankan kegiatan perkuliahan, sehingga harus memiliki ketersediaan dan akurasi data yang tinggi dan terintegrasi dengan sistem lain di BINUS. Binusmaya LMS memiliki fleksibilitas dengan berbagai mode pembelajaran, serta menyediakan pengalaman modern dalam berinteraksi dengan konten dan kelas.