Mengintegrasikan teknologi AI ke dalam pembelajaran membuka peluang besar untuk meningkatkan proses belajar-mengajar. Namun, penting untuk merancang praktik pembelajaran yang bertanggung jawab agar siswa tetap mendapatkan manfaat optimal tanpa mengabaikan etika, keamanan, dan keadilan.
Kerangka SMU: Integrasi AI dalam Penilaian
Singapore Management University (SMU) telah mengembangkan kerangka kerja untuk mengadopsi AI dalam proses penilaian. AI digunakan tidak hanya untuk meningkatkan pengalaman belajar, tetapi juga untuk mendeteksi plagiarisme. Dengan demikian, fakultas perlu memahami cara kerja alat ini dan memanfaatkannya secara efektif dalam penilaian.
Prinsip dari Kaplan Business School
Kaplan menekankan pentingnya mencantumkan sumber referensi dalam tugas yang dikerjakan dengan bantuan AI. Hal ini bertujuan untuk memastikan transparansi dan menghindari pelanggaran hak kekayaan intelektual.
Prinsip Platform dan Alat Edutech
Dalam memilih platform atau alat teknologi pendidikan, ada beberapa prinsip kunci:
- Privasi: Data siswa harus dilindungi dengan ketat.
- Keadilan dan Tanpa Diskriminasi: Algoritma harus bebas bias dan dapat diakses secara adil oleh semua siswa.
- Keamanan dan Keandalan: Sistem harus tahan terhadap serangan siber.
- Transparansi: Informasi jelas harus diberikan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal.
- Penggunaan Data yang Etis: Data pelanggan tidak boleh digunakan untuk melatih model LLM.
Menentukan Batasan Penggunaan AI
Institusi perlu menetapkan batasan bagaimana AI digunakan dalam pembelajaran. Siswa tidak boleh bergantung sepenuhnya pada AI, agar tetap mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara mandiri. Salah satu cara adalah dengan menggunakan rubrik yang berbasis pada roadmap atau kerangka kerja pembelajaran.
AI dapat menjadi alat yang kuat jika digunakan secara bertanggung jawab. Namun, harus ada keseimbangan antara memanfaatkan teknologi dan mempertahankan pendekatan manual untuk memastikan keterampilan inti siswa tetap berkembang.
Sumber:
Diskusi Panel Edutech Asia 2024 (Designing Responsible Learning Practices)