WhatsApp Channels adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi pembaruan dan informasi secara satu arah dengan pengikut mereka. WhatsApp Channels dapat membagikan berbagai konten seperti teks, gambar, video, stiker, tautan, audio, dan polling kepada audiens yang tidak terbatas. Fitur ini memungkinkan pengguna menemukan dan mengikuti Channel sesuai dengan minat mereka. Seperti hobi atau olahraga melalui tautan undangan.  

sumber gambar: unsplash.com/s/photos/whatsapp

WhatsApp memastikan privasi admin dan pengikut Channel dengan tidak menampilkan nomor telepon dan foto profil mereka. Isi pesan di Channel akan otomatis terhapus setelah 30 hari. Admin Channel juga bisa mengatur izin tangkapan layar dan menentukan siapa yang dapat mengikuti Channel serta mengatur visibilitas di direktori. Namun, fitur Channel tidak didukung enkripsi end-to-end karena dirancang untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

WhatsApp Channels dirancang untuk pengguna yang ingin berbagi informasi dengan pengikut mereka secara efisien. Admin WhatsApp Channels bertanggung jawab untuk menjaga konten tetap aman, relevan, dan sesuai usia untuk pengikut.
Pengikut dapat menerima pembaruan dari Channels, tetapi tidak dapat membalas langsung atau mengirim pesan ke admin Channel.  

Untuk membuat WhatsApp Channels, dapat dimulai dengan mengikuti panduan yang tersedia di aplikasi.
Berikut adalah cara membuat Channel di WhatsApp: 

  • Buka WhatsApp dan masuk ke tab Updates 
  • Ketuk ikon tambah dan pilih Saluran Baru
  • Pilih Mulai dan ikuti petunjuk
  • Isi nama dan informasi Channel
  • Atur deskripsi, ikon, dan detail lain
  • Klik Buat Saluran. 

Adapun 5 contoh WhatsApp Channel paling populer, antara lain: 


 

 

 

Sumber:
https://faq.whatsapp.com/549900560675125/?helpref=hc_fnav
https://www.medcom.id/teknologi/tips-trik/GNGDRjzb-mengenal-whatsapp-channel-dan-cara-membuatnya