Warna

Ketika minimalis melibatkan banyak ruang kosong, warna memainkan peran yang sangat penting. Seorang desainer bisa saja menggunakan macam macam warna di pilihan spektrum warna tetapi karena desain minimalis hanya menggunakan satu atau dua warna saja pada satu komposisi. Pada seluruh karya yang lebih besar seperti dalam rangkain merek atau situ web yang kompleks, ada beberapa corak dari satu warna yang digunakan yang membuatnya tetap minimalis.

Font

Hal yang sama berlaku juga dalam penggunaan font. Font sans serif akan selalu menjadi pilihan yang populer tetapi hal itu tidak berarti bahwa font serif tidak dimungkinkan untuk dipakai, asalkan memiliki garis yang bersih dan goresan yang sederhana. Pastikan selalu menjaga agar font mudah terbaca dan dengan paragraf yang pendek-pendek. Sajikan dalam ukuran yang sangat kecil atau sangat besar, kedua metode tersebut dapat menarik perhatian ke tulisan dan menjadikannya pusat perhatian.

Dengan set detail ini, desain Anda akan membangkitkan beberapa perasaan utama dari desain minimalis: kemewahan, kompetensi, keunikan, dan kepercayaan diri.

Lebih sedikit untuk menghasilkan lebih banyak

Ketika desain minimalis tampak terlihat mudah bagi mata yang tidak terlatih, desainer tahu seberapa besar rasa percaya diri dan kontrol yang diperlukan untuk membuat desain yang bersih dan rapi.

Sementara minimalis mungkin tampak “mudah” bagi mata yang tidak terlatih, tetapi desainer tahu bagaimana membuatnya sehingga membuat desain tampak bersih dan rapi. Disinilah minimalisme hadir, karena hal itu bekerja dengan sangat baik. Jika dilakukan dengan benar, baik itu pengguna maupun konsumen tidak terlalu memikirkannya, ironisnya desainer akan bekerja keras dalam membuat desain minimalis agar supaya tampak sederhana.

Jika sudah mempelajari contoh-contoh diatas agar tetap berhati-hati tentang apa yang harus disertakan dan dikecualikan dari komposisi, maka desain Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih baik.