Pernahkan anda merasa masih belum lancar berbicara dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, bahasa Inggris saat ini adalah bahasa universal dimana setiap orang di setiap negara bisa berkomunikasi dengan baik menggunakan bahasa yang satu ini. Sedari kecil beberapa orang memang sudah terbiasa dalam keluarganya untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris, namun tak sedikit juga yang mendapat ilmu belajar bahasa Inggris hanya dari bangku sekolah saja. Bagi yang sudah terbiasa berkomunikasi bahasa inggris, tentunya akan lebih mudah untuk mengerti dan memberikan timbal balik bila ada komunikasi dengan bahasa tersebut. Tapi beberapa ada yang hanya mengerti saja tapi kurang bisa memberikan timbal balik karena tidak terbiasa. Biasanya faktor yang menyebabkan hal itu terjadi adalah kurangnya latihan, khawatir salah dalam penggunaan grammar, atau tiba-tiba pikiran kosong sehingga kita bingung harus mengucapkan kata yang sudah dipikirkan.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tersebut yang paling utama adalah berlatih. Setiap hari kita usahakan untuk menyisihkan waktu selama 30-60 menit untuk berlatih berbicara dengan bahasa Inggris. Kita bisa berlatih dengan mengikuti course english yang banyak sekali di internet, bisa juga mengikuti tutorial gratis di youtube, berbicara dengan rekan kerja yang sudah lancar atau mengikuti sebuah komunitas untuk berlatih berbahasa inggris. Berbicara mengenaik komunitas, dalam artikel ini akan dibahas satu website yang memfasilitasi anda untuk bergabung dalam satu komunitas untuk belajar berbagai bahasa, tidak hanya english saja, anda bisa bergabung dengan komunitas yang ingin belajar bahasa Germany, Jepang, Korea, bahkan ada yang masih harus belajar Indonesia. Website tersebut adalah https://www.free4talk.com/.

Apa itu www.free4talk.com?

Sesuai dengan Tagline web tersebut yaitu “Language Practice Community” , bisa disebutkan bahwa website ini digunakan oleh setiap komunitas untuk latihan atau belajar bahasa. Setiap user yang mengakses website ini wajib registrasi terlebih dahulu menggunakan email. Setelah itu user akan dihadapkan pada pilihan ingin belajar bahasa apa terlebih dahulu, setelah user memilih bahasa yang ingin dipelajari, selanjutnya user akan dihadapkan pada room-room komunitas yang sudah ada. Komunitas-komunitas tersebut masing-masing sudah dilengkapi dengan levelnya yaitu Begginer, Intermediate dan Advanced.  Jangan kaget bila anda dihdapkan dengan anggota komunitas dari setiap belahan duni yang sama-sama ingin berlatih berbicara bahasa inggris sesuai dengan levelnya. Anda juga dapat membuat sendiri komunitas anda dengan pemilihan topik dan level sesuai keinginan anda. Setelah anda memilih slaah satu komunitas, anda akan berkenalan dan berbincang-bincang dengan anggota tim lainnya. Seru sekali ya…

 

Manfaat dan Kelebihan www.free4talk.com

Manfaat dan Kelebihan yang dapat dirasakan saat menggunakan website ini adalah :

  1.  Website ini gratis, dapat diakses dimana saja dan kapan saja.
  2. Melalui website ini, anda dapat menambah kenalan dari berbagai negara yang memiliki tujuan belajar yang sama.
  3. Melalui website ini, anda dapat berlatih bahasa inggris dengan tidak malu-malu, karena tidak ada yang anda kenal sebelumnya di komunitas ini.

Kekurangan dari www.free4talk.com

Kekurangan yang dapat dirasakan saat menggunakan website ini adalah :

  1. Tidak semua komunitas memiliki leader yang dapat mengajari anda untuk benar dan salahnya dalam berkomunikasi, karena tujuannya kembali lagi untuk melatih kita berbicara apa saja dengan lawan berbicara.
  2. Tidak ada nilai atau sertifikat yang bisa diambil karena ini hanya sebuah wadah saja tanpa adanya evaluasi.
  3. Lebih berhati-hati dalam memilih komunitas karena setiap topik yang dibahas bisa saja diluar dari aturan yang berlaku.

Demikian ulasan singkat mengenai website ini. Sekarang mari mulai disiplinkan diri kita untuk lebih semangat lagi dalam belajar bahasa Inggris.

Source :

www.free4talk.com

Image :

https://smartmockups.com/mockup/VKemobqOXVg
Unsplash.com