Secara tradisional, sekolah didasarkan pada gagasan kecerdasan individu, di mana kecerdasan itu sendiri secara sempit dipahami sebagai memori pribadi dan keterampilan mekanis deduksi. Pikiran manusia, bagaimanapun, adalah hal yang secara intrinsik sosial (Gee, 2013 [1992]). Kapasitas kognitif kita terletak pada bahasa yang kita warisi dan cara pandang yang telah kita pelajari. Intelijen adalah kapasitas kita untuk meraih memori sosial yang selalu tersedia dan untuk menerapkan logika dan alat komputasi yang tersedia. Inilah yang bisa kita lakukan bersama dalam komunitas praktik. Saat ini, melalui komputasi di mana-mana dan web sosial, memori eksternal dan alat komputasi dapat diakses yang memiliki kekuatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada saat yang sama, kehidupan kerja, publik, dan komunitas secara lebih nyata didorong oleh kolaborasi. Di media baru, kolaborasi peer-to-peer, dari Wikipedia hingga perpustakaan video yaitu YouTube, adalah produk kolaborasi sosial yang masif. Begitu banyak untuk budaya ujian buku tertutup atau karya siswa yang terisolasi dan individual. Media baru telah membuat gagasan dan praktik ini menjadi anakronistik.

Karena siswa semakin banyak melakukan tugas sekolah mereka di lingkungan media baru, alih-alih pekerjaan memori, kita dapat memfokuskan pekerjaan pembuktian kita pada artefak pengetahuan yang dibuat oleh siswa di media digital – laporan eksperimen sains, laporan informasi tentang fenomena pada manusia atau dunia sosial, esai sejarah, karya seni dengan eksegesis, cerita video, studi kasus bisnis, contoh matematika atau statistik yang dikerjakan, atau kode komputer yang dapat dieksekusi dengan cerita pengguna. Ini adalah beberapa artefak pengetahuan karakteristik di zaman kita.

Di era media baru, peserta didik mengumpulkan representasi pengetahuan mereka dalam bentuk sumber multimodal yang kaya – teks, gambar, diagram, tabel, audio, video, hyperlink, infografis, dan data yang dapat dimanipulasi dengan visualisasi. Ini jelas merupakan produk dari kognisi terdistribusi, di mana jejak proses produksi pengetahuan sama pentingnya dengan produk itu sendiri – sumber yang digunakan, umpan balik rekan selama pembuatan, dan karya yang dibuat secara kolaboratif. Ini menawarkan bukti kualitas praktik disipliner, hasil kolaborasi, kapasitas untuk menemukan sumber pengetahuan sekunder, dan menciptakan pengetahuan primer dari pengamatan dan melalui manipulasi. Artefak itu bisa diidentifikasi, dinilai, diukur. Asalnya dapat diverifikasi. Setiap langkah dalam proses pembangunannya dapat dilacak. Alat pengukuran artefak juga diperluas – pemrosesan bahasa alami, waktu tugas, tinjauan sejawat dan mandiri, anotasi rekan, edit riwayat, jalur navigasi melalui sumber. Dengan cara ini, kisaran data yang dapat dikumpulkan di sekitar pekerjaan pengetahuan sangat diperluas.

Fokus pembuktian kami sekarang mungkin juga berubah. Kita tidak perlu lagi mencari bentuk bukti yang sulit dipahami, misalnya konstruksi tradisional seperti ‘theta’ dari ciri-ciri kognitif laten dalam teori respons item, atau ‘g’ kecerdasan dalam tes IQ. Di era digital, kita tidak perlu terlalu berspekulasi dalam argumen pembuktian kita. Kita tidak perlu mencari sesuatu yang tersembunyi ketika kita telah menangkap begitu banyak bukti dalam bentuk yang siap dianalisis tentang produk konkret dari pekerjaan pengetahuan, serta catatan dari semua langkah yang dilakukan dalam pembuatan produk tersebut. Kita juga perlu mengetahui lebih dari sekedar konstruksi individual, ‘mentalist’ (Gergen dan Dixon-Román, 2013) dapat memberitahu kita. Kita perlu mengetahui tentang sumber sosial pengetahuan, yang terwujud dalam kutipan, parafrase, remix, tautan, sitasi, dan referensi sejenis lainnya. Hal-hal ini tidak perlu diingat sekarang karena kita hidup di dunia dengan informasi yang selalu dapat diakses; mereka hanya perlu digunakan dengan tepat. Kami juga perlu tahu tentang kecerdasan kolaboratif di mana pengetahuan kelompok kerja lebih besar daripada jumlah anggota individunya. 

Kita sekarang memiliki catatan pekerjaan pengetahuan sosial yang dapat dianalisis, mengenali dan memberi penghargaan misalnya umpan balik rekan yang membuat konstruksi pengetahuan jauh lebih kuat, atau melacak kontribusi diferensial dari peserta dalam pekerjaan yang dibuat bersama. Dengan cara ini, artefak dan proses pembuatannya dapat memberikan bukti yang cukup tentang tindakan pengetahuan, tindakan yang mencerminkan pemikiran, dan hasil praktis dari pemikiran tersebut dalam bentuk representasi pengetahuan. Karena kita memiliki begitu banyak alat untuk mengukur artefak ini dan proses konstruksinya di era media baru, kita dapat dengan aman meninggalkan pengukuran di situ. Dengan cara ini, media baru dan analisis pembelajaran ‘big data’ yang terkait dapat mengalihkan fokus pekerjaan pembuktian kami dalam pendidikan, setidaknya sampai taraf tertentu, dari konstruksi kognitif ke apa yang mungkin kita sebut ‘artefaktual’. Dimana kognitif tidak lebih dari pengetahuan putatif, artefaktual adalah pengetahuan yang direpresentasikan secara konkret dan proses pengetahuan antesedennya.

References:
Kalantzis, M. & Cope, B. (2015). Learning and new media. In D. Scott & E. Hargreaves The SAGE Handbook of learning (pp. 373-387). 55 City Road, London: SAGE Publications Ltd doi: 10.4135/9781473915213.n35

Photo by bantersnaps on Unsplash