Saat jarak sosial dibatasi seperti sekarang ini apakah inspirasi juga terasa terbatasi? Berkat teknologi batasan sosial bukan menjadi sekat karena kita tetap dapat mendapatkan insting kreatif dengan bepergian ke beberapa museum dan galeri terbaik dunia. Meskipun lokasi secara fisik ditutup karena wabah Covid-19, tetapi banyak museum yang telah membuka museum mereka secara virtual sehingga dapat melihat pameran secara online dan tentunya memberikan inspirasi agar tetap mengalir meskipun dari rumah.

Berikut sepuluh tur museum virtual yang telah dikurasi dari sisi profesional desainer, dari museum kelas dunia hingga galeri pameran.

1. MoMA : Museum Seni Modern

Saat ini salah satu museum paling berpengaruh di kota New York “The MoMA” sudah dapat diakses melalui layar komputer. Berkat Google Arts & Culture, lebih dari 100 karya museum yang paling terkenal mencakup seni modern dan kontemporer dari Van Gogh, Gaugin, Cezane, dan banyak lagi dapat dinikmati.

link

2. Letterform Archive

Museum nirlaba di San Fransisco ini menyimpan koleksi tulisan bersejarah, tipografi, percetakan dan desain grafis. Mulai 7 April koleksi ribuan gambar hi-fi dari Letterform Archive dapat dilihat untuk dapat menginspirasi.

link

3. Museum of Brands : Pameran Desain Kemasan

Berbasis di London, The Museum of Brands mengeksplorasi sejarah dari budaya konsumen dari era Victoria hingga saat ini. Pameran secara online yang menarik ini dipersembahkan khusus untuk desain packaging dan mempelajari perkembangannya selama berabad-abad.

link

4. Cooper Hewitt, Museum Desain Smithsonia

Museum desain di kota New York ini saat ini menawarkan tiga pameran secara virtual melalui Google : Lihat koleksi desain yang terinspirasi dari tumbuhan, perbesar sulaman dengan panel yang indah dan jelajahi objek yang dibuat oleh desainer Afrika Amerika.

link

5. Museum Web Desain

Lakukan perjalanan menyusuri memori saat melihat-lihat kembali tren desain web antara tahun 1991 dan 2006 termasuk seperti apa situs web Apple, SpaceX dan Netflix saat itu. Sudah semakin jauh keberhasilan yang telah diraih.

link

6. The Louvre

Museum terkenal di dunia Louvre yang terletak di Paris, Perancis menawarkan tur secara virtual untuk pameran terbaiknya. Museum dan landmark ikonik ini adalah rumah bagi beberapa karya seni paling terkenal termasuk Mona Lisa Leonardo da Vinci dan Venus de Milo. Berjalan-jalan secara virtual di dalam aula megahnya saat menjelajahi museum yang ditawarkan The Louvre.

link

7. Museum Seni Anak-anak Internasional

Untuk kreativitas yang nyata tanpa batas kita bisa melihat koleksi “The International Museum of Children’s Art”. Terhubung langsung dengan inner child saat menjelajahi lebih dari 100 karya seni yang dibuat oleh anak-anak dalam berbagai jenis media.

link

8. The Neon Museum

Berlokasi di Las Vegas, Nevada, The Neon Museum adalah rumah signage dari kasino tua dan bisnis masa lalu. Meskipun saat ini tidak dapat menjelajahi area museum seluas 2,6 hektar karena sedang terjadi pandemi tetapi koleksi mereka dapat diliat melalui situs web mereka. Cukup dengan mengetikkan kata sandi ‘neon’ untuk masuk.

link

9. Google Arts & Culture: Street Art

Meskipun secara teknis bukanlah museum, Google Arts & Culture memungkinkan untuk menemukan sejarah, lokasi dan pencipta street art dari seluruh dunia secara visual. Menjelajahi street art pada kota besar seperti Paris, Berlin, Buenos Aires dan banyak lagi. Ada banyak hal yang bisa dilihat di sini, jadi bersiap untuk pergi ke jalanan secara virtual.

link

10. Museum & Galeri FIDM

Terlepas dari spesialisasi kreatif ada banyak inspirasi yang bisa dikumpulkan dari desain fesyen dengan mengakses FIDM Museum & Galleries secara online. Koleksi pakaian mereka mencakup lebih dari 200 tahun sejarah mode – dari haute couture hingga konstum film ikonik.

link

Referensi