Repetition atau Repetisi/Pengulangan

Repetisi hanyalah mengulangi satu elemen berkali-kali dalam sebuah desain. Pengulangan dapat berguna dalam desain web dan aplikasi. Misalnya, kita menaruh logo bisnis yang nantinya akan diulang disetiap halaman dan di tempat yang sama. Icon menu juga sering diulang di tempat yang sama. Repetisi sangat membantu kita dalam memberikan pengalaman yang konsisten terhadap pengguna. Kita juga dapat menjaga konsistensi bentuk, warna, textur, Fonts dan lainnya dengan repetisi.

Pattern atau Pola

Pola adalah pengulangan lebih dari satu elemen desain yang bekerja satu sama lain dengan harmonis. Pola sering digunakan sebagain Backgrounds pada web dan aplikasi mobile. Biasanya desainer menggunakan pola untuk warna, textur dan bentuk. Jarang sekali pola digunakan pada kata-kata. Kita lebih mudah dan cepat melihat bentuk dari pada melihat kata-kata. Saat kita mempertimbangkan untuk menggunakan pola dalam desain web atau aplikasi mobile, kita harus memikirkan kerumitan pola. Misalnya, tulisan akan sulit terbaca ketika kita menggunakan satu gambar untuk Background di bawahnya. Cara mengakalinya bisa menggelapkan pola gambarnya atau sebaliknya. Jika kita kesulitan membaca tulisannya, maka pengguna pun sudah pasti akan kesulitan juga.

Rhythm atau Irama

Saat kita mengulangi elemen, interval di antara pengulangan tersebut dapat menciptakan kesan irama pada tampilan dan memberikan kesan gerakan. Musisi menciptakan irama dalam jarak antar nada. Desainer menyisipkan spasi antar elemen untuk membuat irama.

 

Sumber: Interaction Design Foundation
Featured Image: Photo by Ivan on Unsplash