Ingin memulai karir di bidang desainer grafis atau hanya ingin menambah skill dan kemampuan dalam desain grafis secara gratis, berikut kursus desain grafis online yang dapat diikuti secara gratis tanpa dipungut biaya.

1. Spesialisasi Desain Grafis CalArts

Institut Seni California menawarkan program spesialisasi desain grafis ekstensif secara gratis melalui Coursera. Kelima kursus tingkat pemula ini masing-masing dipimpin oleh seorang pengajar di CalArts dan dikemas dengan wawasan dari para profesional industri.

Anda akan mempelajari keterampilan dasar yang diperlukan untuk memulai karier sebagai desainer grafis, cara berkomunikasi secara efektif dengan visual, dan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang bagaimana desain grafis berperan dalam bidang lain seperti desain antarmuka, animasi, dan desain editorial. Berikut adalah topik pembelajaran dari setiap kursus:

Kursus 1: Dasar-dasar Desain Grafis

Kursus 2: Pengantar Tipografi

Kursus 3: Pengantar Pembuatan Perumpamaan

Kursus 4: Ide dari sejarah Desain Grafis

Kursus 5: Branding

Untuk mendapatkan akses gratis ke materi kursus, cukup dipilih untuk memeriksa ketersediaan kelas melalui Coursera.com

link

2. Canva Design School: Dasar-Dasar Desain Grafis

Mempelajari dasar-dasar desain grafis dalam kursus singkat dan padat yang ditawarkan oleh Canva. Kelas Dasar-dasar Desain Grafis Canva terdiri dari dua belas pelajaran singkat, masing-masing mencakup elemen dasar desain grafis dengan aktivitas dan cara mempraktikkannya.

Anda akan merasakan pengetahuan desain penting untuk menentukan pesan yang Anda maksud, membuat moodboard, color wheel, dasar dasar tipografi, dan banyak lagi. Kursus ini sangat cocok jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari keterampilan baru, atau hanya ingin mencoba memahami cara berpikir desainer grafis.

link

3. Dasar-dasar Desain Logo

Branding adalah salah satu aspek paling mendasar dari desain grafis, dan spesialisasi yang dipilih oleh banyak desainer. Jika Anda ingin mendalami dunia desain branding, Dasar-Dasar Desain Logo dari Udemy adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Dalam kursus ini meliputi lima belas nara sumber, mempelajari apa saja yang membuat desain logo berhasil, memahami kebutuhan klien, dan membangun sistem identitas merek yang dapat digunakan secara efektif di berbagai jenis aplikasi yang berbeda. Dalam kursus singkat ini, Anda akan mempelajari semua yang perlu Anda ketahui untuk dapat membuat desain logo yang berhasil dari awal hingga akhir.

link

4. Pengantar Sejarah Desain Grafis

Dalam Pengantar Sejarah Desain Grafis Kadenze, mempelajari semua tentang bagaimana desain menyentuh aspek hidup kita – dari masyarakat, politik hingga ideologi.

Kursus singkat sejarah desain grafis ini diadaptasi dari kelas yang sama yang diajarkan di Maryland Institute College of Art. Menyelami lebih dalam sejarah dalam bidang ini dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang peran desain grafis di dunia, perkembangan tren dan teknik revolusioner.

Anda akan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang mendefinisikan desain grafis yang berhasil dan melihat profesi dalam pandangan yang baru.

link

5. Adobe Illustrator untuk Pemula

Mempelajari prinsip-prinsip desain grafis harus menjadi dasar pendidikan. Tetapi apa gunanya jika Anda tidak dapat menerapkan prinsip-prinsip tersebut? Untuk menjadi seorang desainer grafis profesional memerlukan beberapa keterampilan hard skill – misalnya, pengetahuan tentang perangkat lunak dan alat desain tertentu.

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak pilihan banyak desainer grafis, dan dalam kursus singkat Adobe Illustrator selama tiga jam yang disampaikan oleh EnvatoTuts ini, instruktur Dan Scott menjelaskan semua yang perlu Anda ketahui tentang program untuk mulai mewujudkan ide-ide Anda.

Anda akan mempelajari cara membuat objek tertentu berupa shape, line, brushes, cara menggunakan dan memanipulasi teks, dan melakukan pekerjaan pembuatan logo dan ikon khusus. Anda juga akan mempelajari tip dan trik untuk membuat palet warna, gradasi, dan pola. Plus, hal-hal penting seperti menyimpan dan mengekspor pekerjaan Anda untuk pekerjaan cetak dan web. Ada banyak latihan sepanjang kursus sehingga Anda dapat langsung mempraktikkan apa yang telah Anda pelajari.

link

6. Dasar Desain Grafis: Prinsip Dasar dalam Visual Desain

Skillshare menawarkan kelas gratis yang mencakup lima prinsip dasar Desain Grafis hanya dalam waktu 35 menit. Kursus ini untuk siapa saja yang ingin mengeksplorasi dan bereksperimen dengan gambar dan teks untuk mengkomunikasikan sebuah pesan. Mempelajari ide dan prinsip yang dapat diterapkan pada tata letak visual dari buku, majalah, halaman web, poster, dll.

Kelas ini diajar oleh direktur program MFA Desain Grafis di Maryland Institute College of Art, Anda akan melihat banyak contoh proyek desain grafis yang dibuat oleh siswa di MICA. Bersiaplah untuk kursus singkat dalam elemen desain seperti symmetry, scale, framing, hierarchy, grids, dan pada akhirnya test kemampuan pembelajaran baru Anda dengan membuat tata letak halaman dalam perangkat lunak pilihan Anda.

link

7. Kursus Desain Grafis Secara Live: Creative Live

Creative Live menjadi salah satu sumber ilmu pengetahuan untuk mempelajari Desain Grafis dari para ahli dunia industri desain dari seluruh dunia. Jika ingin mengakses kursus ini secara gratis caranya dengan membuat reservasi sebelumnya (kursus gratis dilakukan secara realtime!). Gulir ke bawah ke bagian Free dan reservasi kelas selanjutnya untuk mendaftar, pilih kursus yang diminati dan tandai kalender Anda.

Setiap kursus disesuaikan dengan aspek tertentu dari desain mulai dari pembuatan portofolio, cara berpikir seperti desainer, hingga area khusus industri desain, seperti desain sampul buku, dasar-dasar menggambar, dan banyak lagi.

link

8. Menerapkan Prinsip Desain

Apakah Anda benar-benar baru dalam desain grafis atau hanya ingin meningkatkan keterampilan yang ada. Kursus online yang sangat berguna yang diajarkan melalui Alison ini akan membekali Anda dengan alat yang Anda butuhkan untuk mulai menerapkan prinsip-prinsip desain grafis dasar.

Mempelajari beberapa desain paling berhasil dalam sejarah saat ini, Anda tidak hanya akan menguasai dasar-dasar seperti komposisi, keseimbangan, kontras, dan hierarki, tetapi Anda juga akan mempelajari cara menerapkannya pada pekerjaan cetak dan digital.

Kelas ini sepenuhnya gratis, tetapi jika ingin mendapatkan sertifikat untuk ditampilkan di resume atau portofolio desain, Anda harus membeli dan berlangganan di Alison.

link

9. Menciptakan Branding System: Gambaran Umum Menggabungkan Logo dan Tulisan.

Dalam kursus Skillshare gratis selama dua puluh menit ini, tim kreatif di True Hand membawa Anda lewat pendekatan langkah demi langkah mereka untuk memposisikan Brand Identity klien. Didalamnya akan mempelajari tentang cara menentukan strategi untuk klien dan menghasilkan aset khusus seperti ilustrasi dan tipografi.

Bukan hanya berfokus pada pembuatan logo, pembelajaran juga tentang pentingnya membuat sekumpulan aset yang dapat diaplikasikan dalam macam macam medium — mulai dari kartu nama, papan nama, pakaian, dan lainnya.

Hal ini adalah pendekatan modern untuk membangun brand system dalam cakupan luas juga akan mengajarkan bagaimana cara berkolaborasi secara efektif dengan klien dan benar-benar memberi gambaran seperti apa seharusnya proses pencitraan merek yang berhasil.

link

10. Adobe’s Discover Graphic Design

Jika hanya ingin mengetahui Desain Grafis secara sederhana, Adobe Discover Graphic Design sumber pertama yang bisa dikunjungi sebelum mendalami konsep dan menambah kemampuan.

Meskipun bukan kursus yang lengkap, entri blog yang dibagikan Adobe sangat bagus untuk menjelajahi berbagai bidang desain grafis untuk melihat apa yang benar-benar sesuai dengan Anda. Dari memilih antara font serif dan sans-serif, menghasilkan inspirasi logo, atau mencakup informasi penting seperti apa itu file vektor, ada banyak pengetahuan yang bisa dipelajari di sini!

link

Referensi