Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Apakah anda merasa perlu untuk lebih ter-organisir dalam hidup anda ? merasa selama ini sudah melakukan banyak hal namun tidak mendapatkan hasil yang signifikan ? maka ada beberapa tips berikut untuk meningkatkan produktivitas.

  1. Cari tau dimana waktu terbuang
    Sebagian besar dari kita adalah para “Pencuri Waktu” yang selalu membuang-buang waktu untuk hal-hal tidak produktif, apakah anda termasuk seseorang yang banyak menghabiskan waktu dengan Browsing internet, sosial media berlebihan, berkirim-pesan ? Berdasarkan sebuah survei sebanyak 89% responden mengakui hal tersebut.
    Jika anda termasuk kedalam pribadi yang suka membuang waktu, maka anda dapat mulai memperbaikinya dengan mulai terlebih dahulu mencatat kegiatan apa saja yang anda lakukan.
  2. Tetapkan target manajemen waktu
    Perlu diingat, fokus dari manajemen waktu adalah merubah kebiasaan bukan merubah waktu. Setelah anda mencatat seluruh kebiasaan kegiatan anda pada poin No. 1 maka anda dapat mulai memilih menghilangkan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Anda bisa mencoba dengan mencoba selama seminggu tetapkan target bahwa anda tidak akan membuka sosial media ketika bekerja.
  3. Terapkan manajemen waktu
    Tips berikut ini adalah lanjutan dari tip No. 2, selain menetapkan target anda perlu secara terus menerus mencatat implementasinya seperti yang anda lakukan pada No. 1 apakah anda sudah disiplin menerapkan rencana untuk mencapai target yang anda buat ?
  4. Gunakan alat pengatur waktu
    Baik itu pengatur waktu manual, atau aplikasi ponsel, langkah pertama untuk mengatur waktu anda adalah mengetahui ke mana perginya dan merencanakan bagaimana anda akan menghabiskan waktu tersebut. Aplikasi seperti Outlook, misalnya memungkinkan anda menjadwalkan acara dengan mudah dan dapat digunakan untuk mengingatkan anda tentang acara yang akan datang.
  5. Prioritize Ruthlessly
    Anda harus memulai setiap hari dengan memprioritaskan tugas untuk hari itu dan menetapkan tolok ukur kinerja anda. Jika Anda memiliki 20 tugas untuk hari tersebut, berapa banyak yang benar-benar perlu Anda selesaikan ?

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel asli dengan judul “11 Time Management Tips That Work” oleh yang diterbitkan pada situs https://www.thebalancesmb.com/. Untuk melihat lebih lengkap tentang topik ini dapat klik pada tautan berikut Link