Photo by Benjaminrobyn Jespersen on Unsplash

Tujuan awal adanya smartphone adalah untuk membuat kita lebih produktif, memadukan berbagai teknologi kedalam 1 alat (Telefon, Pesan, Navigasi, Pemutar Musik, Jam Pengingat, dll) membuat kita mampu menyelesaikan banyak hal dengan smartphone. Tapi ternyata hal tersebut tinggalah angan semata karena banyak dari kita justru menggunakan smartphone tanpa makna berarti dan tidak menyelesaikan apapun, padahal sebenarnya dengan sedikit mengetahui bagaimana smartphone kita bekerja kita dapat menggunakan perangkat ini menjadi maksimal.
Berikut 8 cara produktif menggunakan smartphone

  1. Gunakan smartphone anda untuk mengelola waktu dan tugas
    Jika anda membutuhkan acuan untuk menjalani hari, anda mungkin ingin mencoba salah satu dari banyak teknik manajemen waktu yang tersedia di smartphone untuk membantu anda menyelesaikan berbagai tugas dengan terjadwal.
  2. Gunakan fitur pencari smartphone anda untuk mencari apapun
    Anda mungkin menghabiskan banyak waktu untuk menemukan berbahagi hal di ponsel Anda, dari aplikasi dan kontak hingga data kalender.
    Tetapi sebenarnya alat pencarian bawaan pada smartphone dapat menemukan segala macam hal untuk Anda lebih cepat daripada yang dapat Anda lakukan. Tidak perlu membuka aplikasi kalender dahulu, untuk mencari jadwal pertemuan, Anda bisa langsung ke sana dengan mencari namanya pada pencarian bawaan. Hal yang sama berlaku untuk kontak, pesan email, pesan teks, aplikasi, dan situs web.
  3. Gunakan keyboard yang lebih baik
    Ingin mengetik lebih cepat di ponsel Anda? Jika Anda mendapati papan ketik ponsel cerdas standar terlalu lambat, coba gunakan yang lain. Bagi pengguna Android anda dapat install aplikasi keyboard Swype yang memiliki sistem cukup baik dan diakui.
  4. Hapus aplikasi yang membuang waktu
    Pada sebuah survei ditemukan bahwa rata-rata pengguna internet menghabiskan waktu 2 jam dan 22 menit di aplikasi sosial media. Jika itu termasuk Anda, Hapus aplikasi media sosial dari ponsel Anda segera, sehingga anda terpaksa hanya dapat menggunakan komputer untuk mengakses sosial media. Bayangkan saja apa yang bisa Anda capai dengan mendapatkan dua jam sehari kembali di smartphone anda.
  5. Pasang aplikasi Pocket untuk mempermudah berpindah antar layar
    Tidak diragukan lagi, Anda sering menemukan artikel dan situs web yang perlu anda baca dengan lebih banyak waktu. Jika anda masih menggunakan cara mengirimkan tautan artikel melalui email kepada anda sendiri, ada cara yang jauh lebih baik. Pocket adalah aplikasi untuk iOS dan Android yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web dengan satu ketukan. Mereka segera disimpan ke akun Pocket Anda, yang kemudian di-sinkronisasikan dengan aplikasi pocket pada komputer Anda.
  6. Meditasi
    Smartwatch biasanya merupakan sumber dari semua gangguan, tapi ternyata ini dapat membantu anda untuk bersantai dan memfokuskan diri. Menggunakan berbagai aplikasi meditasi yang tersedia seperti The Mindfulness App atau Calm, kamu dapat meluangkan waktu sekitar 30 menit dalam sehari untuk memulai meditasi dan meluangkan pikiran dari kepenatan sehari-hari
  7. Gunakan mode “Jangan Ganggu” (DND)
    Jika Anda membutuhkan satu jam untuk bekerja tanpa gangguan baik itu tanpa panggilan telepon, pesan teks, dan pemberitahuan lain yang mengalihkan perhatian And, hidupkan mode “Jangan Ganggu”. Banyak orang menggunakan DND pada waktu tidur, tetapi tidak pernah melakukannya pada siang hari.
  8. Sinkronisasi notes dengan komputer anda
    tidak mudah untuk berbagi catatan dan dokumen antar ponsel dan komputer desktop anda,  salah satu cara yang dilakukan adalah mengirim email kepada diri sendiri. Namun, dengan pindah ke infrastruktur cloud, Anda selalu dapat memiliki akses ke dokumen yang sama di mana pun Anda berada atau perangkat apa yang Anda gunakan.

Artikel ini merupakan terjemahan dari artikel asli dengan judul “15 ways you can use your phone to improve your productivity” oleh Dave Johson yang diterbitkan pada situs https://www.businessinsider.com/ Untuk melihat lebih lanjut mengenai topik ini, silahkan klik pada tautan berikut Link