Salah satu pertimbangan yang penting dalam membuat aplikasi  pada mobile adalah kecepatan aplikasi tersebut berinteraksi. Banyak pengguna mobile yang sangat bergantung dengan seberapa cepat respon aplikasi tersebut. Jika aplikasi kita memakan waktu yang lama dalam memberikan respon, maka mereka akan dengan segera menutup aplikasi kita.

Jadi bagaimana membuat sebuah aplikasi yang memiliki respon yang cepat? Berikut beberapa teknik yang digunakan oleh beberapa aplikasi favorit dalam memberikan respon yang cepat.

1. Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi yang memiliki respon yang cepat ketika kita meng-upload gambar. Ketika kita mengambil sebuah foto atau memasukkan foto dari galeri lalu mengeditnya sehingga terlihat bagus, secara diam-diam instagram sudah meng-upload foto kita. Berikutnya ketika kita sudah selesai meng-edit, akan muncul tulisan “Finishing Up” di atas kumpulan foto teman-teman kita. Dengan cepat instagram akan memunculkan foto yang sudah kita edit.

Itulah yang membuat instagram terasa memiliki respon yang cepat ketika kita melakukan posting.

Pesan Instagram “Finishing up” muncul ketika proses upload.
Pesan Instagram “Finishing up” muncul ketika proses upload.

2. Whatsapp Vs iMessage

Ketika kita mengirim pesan menggunakan whatsapp, dengan cepat whatsapp akan memunculkan tanda check berwarna hijau yang pertama (artinya pesan kita sudah terkirim) lalu disusul tanda check yang ke dua (artinya pesan yang kita kirim sudah diterima oleh orang yang kita tuju). Whatsapp memunculkan tanda check yang pertama dengan cepat sehingga membuat kita merasakan respon pengiriman pesan yang sangat cepat. Padahal ketika tanda check pertama muncul, belum tentu pesan kita sudah masuk ke server whatsapp.

Tampilan 2 checkmark Whatsapp untuk indikator pesan dikirim dan diterima
Tampilan 2 checkmark Whatsapp untuk indikator pesan dikirim dan diterima

Sedangkan iMessage menggunakan cara yang berbeda dengan whatsapp. iMessage akan memunculkan bar proses pada bagian atas aplikasi ketika kita mengirim pesan. Jika kita melihat bar proses tiba-tiba bergerak lambat, maka dengan otomatis kita akan merasakan respon pengiriman yang menjadi pelan.

Bar proses dari iMessage menunjukkan bahwa pesan sedang dalam proses pengiriman
Bar proses dari iMessage menunjukkan bahwa pesan sedang dalam proses pengiriman

Jadi bisa saja kecepatan pengiriman pesan whatsapp dengan iMessage sama, namun whatsapp akan selalu terlihat memiliki respon yang sangat cepat dalam mengirim pesan.

3. Facebook dan Pinterest

Ada beberapa teknik yang digunakan dalam menampilkan sebuah proses menunggu konten ditampilkan dengan sempurna. Salah satunya menggunakan gambar garis yang berputar tanpa henti sembari menunggu konten terisi dengan sempurna. Namun teknik tersebut akan menimbulkan kesan lambat karena yang kita lihat hanya gambar garis yang berputar. Namun Facebook dan Pinterest menggunakan teknik yang berbeda yaitu mereka menampilkan kerangka konten terlebih dahulu. Lalu dengan cepat konten akan mengisi kerangka tersebut. Itulah yang membuat mereka seolah-olah memiliki respon yang cepat.

Facebook Paper app skeleton
Facebook Paper app skeleton
Pinterest color matching skeleton
Pinterest color matching skeleton

Sumber artikel :

https://medium.com/ui-collection/the-psychological-speed-of-mobile-interfaces-df25276295dd