COVID-19 Mengakselerasi Transformasi Digital

Pandemi telah menunjukkan bagaimana penggunaan internet yang meningkat secara drastis — bahkan dalam semalam. Penggunaan internet untuk pesan antar makanan, layanan digital untuk hiburan (misalnya, streaming situs) dan pekerjaan (misalnya, konferensi video), telah menyebabkan lonjakan penggunaan internet total sebesar 20%.

Bagaimana perusahaan dapat menggunakan internet secara efektif saat ini?

Kita tidak dapat menyangkal peran internet dalam menjaga bisnis dan kehidupan pribadi kita tetap berjalan di tengah krisis pandemi global, sebuah bukti kerja keras yang dilakukan banyak perusahaan untuk menjaga stabilitas bisnis dan keandalan operasinalnya.

Bisnis dengan didukung kehadiran dan penggunaan online yang kuat, dapat membantu kita memahami betapa efektif dan pentingnya internet. Meski begitu, perusahaan pengadopsi teknologi digital sejak dari awal, menjadi sudah terbiasa dengan kemudahan konektivitas dan manfaat yang disediakan jaringan.

Transformasi digital dan masalah aksesibilitas internet akan menjadi lebih penting daripada sebelum pandemic COVID-19. Setelah tahun 2020, hampir tidak ada kemungkinan kita bisa kembali berbisnis dengan cara lama yang konvensional. Semua orang dari segala golongan, suka atau tidak suka, harus segera ikut beradaptasi dengan literasi digital agar dapat berbisnis atau menjalani kehidupan yang nyaman.

Gambar diperoleh dari:

https://thumbs.dreamstime.com/z/digital-transformation-digitalization-technology-concept-digital-transformation-digitalization-technology-concept-169821569.jpg

Linda Kusumaning Wedari S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CLI., CSRA.