Limbah Pakaian pada Titik Kritis

 

Sumber: www.waste360.com

Saat ini terdapat tren terbesar dalam mode dimana . Tren tersebut termasuk produksi pakaian yang meningkat pesat dan penggunaan yang menurun, tingkat limbah yang sangat besar, dan lebih banyak emisi gas rumah kaca daripada gabungan pengiriman dan penerbangan internasional.

Dalam 15 tahun terakhir industri ini telah melipatgandakan produksi, sedangkan waktu pakaian dipakai sebelum dibuang telah turun sekitar 40%. Jika dibuang, 73% akan dibakar atau ditimbun di TPA. Apa yang dikumpulkan untuk didaur ulang – sekitar 12% – kemungkinan besar akan dicacah dan digunakan untuk mengisi kasur, atau dijadikan insulasi atau kain pembersih. Kurang dari 1% dari apa yang terkumpul akan digunakan untuk membuat pakaian baru.

Tren ini tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga membatasi peluang industri fashion untuk sukses dalam jangka panjang. Industri ini telah kehilangan nilai $560 miliar dari pakaian yang jarang dipakai dan hampir tidak dapat didaur ulang.

Tuntutan Tanggung Jawab Lingkungan dari Dunia Fesyen

Selain realitas ekonomi ini, fesyen menghadapi peningkatan pengawasan dari para pembuat kebijakan. Di Inggris bulan lalu, misalnya, anggota parlemen merekomendasikan pengenalan tanggung jawab produsen yang diperluas pada pakaian, yang secara efektif mengenakan pajak merek untuk membantu memenuhi biaya berurusan dengan pakaian ketika pelanggan telah menyelesaikannya. Pelanggan sendiri semakin menyerukan perubahan. Sama seperti yang mereka lakukan dengan bulu dan hak pekerja di pabrik pakaian, mereka menuntut perusahaan untuk secara serius memperhatikan masalah seperti serat mikro plastik, tingkat limbah yang sangat besar, dan gas rumah kaca.

Sebagai tambahan, sekitar 8-10 persen emisi karbon dunia dihasilkan oleh industry fesyen. Angka ini lebih besar jika dibandingkan emisi karbon  yang dihasilkan industry penerbangan dan perkapalan global sekaligus (Jatmika, 2022).

Apa yang Bisa Dilakukan Dunia Fesyen?

Konsumen juga perlu jeli dalam memilih bahan pembuat pakaian. Dengan begitu, fesyen berkelanjutan dapat diimplementasikan secara massif sehingga memberikan dampak yang optimal. Contohnya, pakaian berbahan katun dan linen dinilai lebih ramah lingkungan karena berasal dari bahan baku alami. Selain dua bahan tersebut, viscose atau rayon juga merupakan salah satu bahan baku pakaian yang mendukung fesyen berkelanjutan. Serat rayon terbuat dari hasil regenerasi selulosa yang berasal dari kayu eucalyptus, akasia, pinus, dan bambu. Tak hanya berasal dari bahan alami dan terbarukan, serat rayon yang ditanam secara berkelanjutan juga bersifat biodegradable atau mudah terurai ke tanah.

Menjadi jelas bahwa agar industri fashion dapat berkembang di masa depan, diperlukan desain ulang yang mendasar. Ini memiliki peluang untuk beralih dari model take-make-waste yang mencirikannya saat ini dengan menganut prinsip ekonomi sirkular. Pendekatan seperti itu akan melihat model bisnis meningkatkan penggunaan pakaian, pakaian yang terbuat dari bahan yang aman dan terbarukan, dan pakaian lama yang digunakan untuk membuat yang baru.

Referensi:

Jatmika, Aningtias. (2022). Tak Hanya Tren, Fesyen Berkelanjutan kini jadi kebutuhan. https://money.kompas.com/read/2022/05/24/133400726/tak-hanya-tren-fesyen-berkelanjutan-kini-jadi-kebutuhan

Linda Kusumaning Wedari S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CLI., CSRA.