Manfaat Implementasi ERP Finance

ERP adalah perangkat lunak modular yang dirancang untuk mengintegrasikan proses bisnis organisasi ke dalam satu sistem yang berjalan di database yang tersentral. ERP Modul finance berbagi data dengan fungsi bisnis inti lainnya, termasuk manajemen persediaan, perencanaan produksi, pembelian, manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan lainnya. Ketika salah satu transaksi dari modul lain memiliki dampak keuangan dan harus dicatat dalam sistem akuntansi, akan menjadi pemicu tindakan atau transfer data dalam ERP modul finance.

ERP finance memungkinkan akuntan untuk mengkonfigurasi sistem secara akurat sehingga semua transaksi dapat dicatat secara akurat dan dilaporkan secara otomatis. Dengan alasan tersebut, software akuntansi ERP telah banyak digunakan oleh departemen akuntansi dan finance. Pengguna ini bisa menjadi pegawai akuntan atau manajer.

Manfaat Menerapkan ERP Finance

ERP dapat membantu bisnis dalam mengelola proses keuangan, pendapatan, dan pengeluaran. Mari kita lihat bagaimana bisnis / organisasi dapat memperoleh manfaat dari penerapan sistem ERP finance untuk mengelola akuntansi dan finance.

ERP-Modul Finance dapat dibaca disini

  • Peningkatan Produktivitas: Mengelola proses keuangan dan membuat laporan secara manual dapat menjadi aktivitas yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Dengan modul ERP finance, organisasi dapat dengan mudah mengotomatisasi tugas yang memakan waktu demi menghemat waktu.
  • Transparansi yang Ditingkatkan: Dengan kurangnya transparansi keuangan, mungkin membuat bisnis mengalami kerugian atau kurang dapat berkembang. Modul General Ledger dapat membantu organisasi untuk melihat sekilas keuangan bisnis.
  • Penganggaran Mudah: Sistem ERP finance juga memudahkan organisasi untuk memvisualisasikan biaya aktual, dan membuat rencana dan anggaran yang sesuai untuk situasi bisnis.
  • Pemantauan Keuangan: Baik itu lonjakan penjualan dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, atau memang terjadi transaksi penipuan, ERP untuk finance dan akuntansi memungkinkan organisasi untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang apa yang terjadi di bagian keuangan bisnis serta mendeteksi anomali operasional.
  • Kesalahan yang Diminimalkan: Dengan tugas dan proses seperti entri data otomatis, ERP mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dalam akuntansi dan keuangan bisnis.
  • Tidak Ada Lagi Dokumen yang Hilang: Dengan semua dokumen terkait finance yang diperbarui dalam sistem ERP secara real-time, maka bisnis dapat mengurangi/terhindar dari kerugian akibat kehilangan dokumen.
  • Akses Data Saat Dalam Perjalanan: Dengan ERP, pimpinan dan karyawan organisasi dapat mengakses data yang diperlukan bahkan saat dalam perjalanan. Selain itu, integrasi dengan sistem bisnis seperti CRM, Penggajian, Manajemen Sewa, dll. memberi kita wawasan mengenai kesehatan bisnis.

Dari penjelasan singkat diatas, manajemen keuangan organisasi akan berdampak pada setiap departemen perusahaan Anda. Dengan tidak adanya sistem ERP yang modern, perusahaan pastinya akan lebih bergantung pada perangkat lunak independen di setiap departemen. Hal ini tentunya dapat menyebabkan miskomunikasi setiapkali dua atau lebih departemen perlu bekerja sama. ERP Modul finance telah dapat membantu memudahkan komunikasi antara setiap area bisnis saat menangani masalah keuangan bersama.

Selain itu, sistem ERP juga bermanfaat untuk mengoordinasikan urusan bisnis dengan departemen internal dan dengan vendor pihak ketiga. Sistem Cloud ERP mudah diakses dari perangkat seluler, semakin meningkatkan kemampuan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan klien di mana pun di dunia.

Referensi:

Image Sources: Google Images

Linda Kusumaning Wedari, S.E., M.Si., Ph.D.