Webinar Nasional “Data Analytics & Credit Scoring in Credit Risk Management” Program Akuntansi Teknologi, Universitas BINUS, Kampus Bekasi

Pada 6 November 2021, Program Akuntansi Teknologi, Universitas BINUS Kampus Bekasi telah menyelenggarakan webinar nasional dengan topik “Data Analytics & Credit Scoring in Credit Risk Management”. Seorang assistant vice president dari ‘Credit Scoring & Risk Modelling”, Bank Negara Indonesia (BNI), telah diundang untuk berbagi ilmu dan pengalaman mengenai penggunaan data analitik untuk pemberian skor kredit calon nasabah kredit. Webinar dibuka oleh Toto Rusmanto., PhD, sebagai kepala Program Akuntansi Teknologi dan dimoderatori oleh Linda Kusumaning Wedari., PhD.

Ibu Ressi menyampaikan bahwa data memiliki potensi untuk mengubah bisnis dan mendorong penciptaan nilai bisnis. Dengan munculnya kekuatan komputasi dan teknik data analitik, bank kini dapat mengekstraksi insight yang lebih dalam dan lebih berharga dari kumpulan data yang terus bertambah besar seperti big data dan mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi peristiwa tertentu. Data analitik dapat digunakan sebagai alat untuk membuat peringkat kasus, yang mengukur risiko atau kelayakan kredit. Pemahaman data yang lebih baik, tentunya akan membantu manajemen risiko yang lebih baik.

Dr Linda, moderator webinar tersebut, menyebutkan beberapa point penting dari paparan Ibu Ressi:

  1. Karena bisnis dan ekonomi nasional yang dinamis, bank perlu terus mengukur dan memantau efektivitas dari credit policy yang sedang berlaku
  2. Dalam risk management activity, bank memerlukan baik data internal maupun data external. Selain itu, juga diperlukan data historis dari calon nasabah dan juga semua proxy yang bisa diperoleh untuk melengkapi kebutuhan data.
  3. Data analitik yang digunakan, ditujukan untuk menemukan ‘hidden pattern data’ calon nasabah yang kemudian dapat ditelaah lebih lanjut. Beberapa tools yang dapat digunakan adalah SAS, MySQL, Phyton, Excel, Tableau, dll.
  4. Data analitik dalam risk assessment ini, menjadi alat dalam proses review dan perbaikan kebijakan (policy) dan keputusan yang telah diambil.
  5. Data analitik yang digunakan, hanyalah sebagai alat bantu. Keputusan kredit yang diambil tetaplah berdasar pada policy yang ada dan professional judgement.

Sesi presentasi dilakukan secara interaktif dimana Bu Ressi membuka diri untuk diinterupsi dengan setiap pertanyaan. Setiap pertanyaan dijawab dengan gambling dan menarik secara langsung oleh Bu Ressi.

Anda dapat melihat rekaman webinar tersebut pada link ini

………..

Linda Kusumaning Wedari, S.E., M.Si., Ph.D.