Crypto Literacy: Mengapa Mahasiswa Perlu Paham Aset Digital?
Dari sudut pandang mengenai keamanan dan kewaspadaan terhadap serangan pada aset digital, sebuah riset dari Engle et al. (2025) menunjukkan bahwa tingkat ketakutan akan penipuan aset digital berkaitan kuat dengan literasi keuangan dan kripto, risiko kehilangan dana melalui penipuan dapa diminimalisir jika mahasiswa memiliki pemahaman dasar seperti cara mengamankan private key atau menghindari aksi phising. Perspektif dari dunia pendidikan juga mendorong pengenalan konsep cryptocurrency dan blockchain di ranah akademik. Artikel dari Cryptocurrency in Schools menggarisbawahi manfaatnya dalam membangun kesiapan finansial modern, keterampilan STEM, dan kewaspadaan terhadap keamanan digital Dengan memberi mahasiswa dasar crypto literacy pendidikan tinggi bisa membuka peluang karier di bidang fintech, kripto, dan kewirausahaan digital (Srivastava, 2025). Di lain sisi, studi dari India memperjelas bahwa kesadaran individu terhadap cryptocurrency di kalangan mahasiswa sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial seperti teman dan media sosial (Jadhav et al., 2022). Secara keseluruhan, crypto literacy sangat penting dipahami oleh mahasiswa, bukan hanya sebagai keahlian teknis tetapi juga sebagai bekal bertahan di lanskap keuangan yang mengarah pada digitalisasi.
Referensi:
Currents. (2025, September 2). Why Crypto literacy Is So Important In 2025 – Lakeland Currents. Lakeland Currents. https://lakelandcurrents.com/why-crypto-literacy-is-so-important-in-2025/
Engle, T. A., Maher, C. A., & Jones, M. (2025). Afraid of the unknown: crypto literacy and fear of online fraud. Journal of Economic Criminology, 100135. https://doi.org/10.1016/j.jeconc.2025.100135
Jadhav, S. D., Raghunath, C. P. S., Hamid, W., & Anil, M. V. (2022). A study on awareness of college students about cryptocurrency and Its relation to Level of Education. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 3(2), 155–160. https://doi.org/10.17509/ijert.v3i2.50083
Jones, M., Luu, T., & Samuel, B. (2024). The interdependence of financial literacy and crypto literacy. Economics Letters, 239, 111737. https://doi.org/10.1016/j.econlet.2024.111737
Shaner, K. (2024, December 10). Does the cryptocurrency sector have a financial literacy problem? UC News. https://www.uc.edu/news/articles/2024/12/does-the-crypto-sector-have-a-financial-literacy-problem.html
Srivastava, A. (2025, May 7). Teaching Cryptocurrency in Schools: A Guide for School Districts | EVERFI. EVERFI. https://everfi.com/blog/k-12/teaching-kids-about-cryptocurrency /
Comments :