Dari sudut pandang mengenai keamanan dan kewaspadaan terhadap serangan pada aset digital, sebuah riset dari Engle et al. (2025) menunjukkan bahwa tingkat ketakutan akan penipuan aset digital berkaitan kuat dengan literasi keuangan dan kripto, risiko kehilangan dana melalui penipuan dapa diminimalisir jika mahasiswa memiliki pemahaman dasar seperti cara mengamankan private key atau menghindari aksi phising. Perspektif dari dunia pendidikan juga mendorong pengenalan konsep cryptocurrency  dan blockchain di ranah akademik. Artikel dari Cryptocurrency  in Schools menggarisbawahi manfaatnya dalam membangun kesiapan finansial modern, keterampilan STEM, dan kewaspadaan terhadap keamanan digital Dengan memberi mahasiswa dasar crypto literacy pendidikan tinggi bisa membuka peluang karier di bidang fintech, kripto, dan kewirausahaan digital (Srivastava, 2025). Di lain sisi, studi dari India memperjelas bahwa kesadaran individu terhadap cryptocurrency  di kalangan mahasiswa sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial seperti teman dan media sosial (Jadhav et al., 2022). Secara keseluruhan, crypto literacy sangat penting dipahami oleh mahasiswa, bukan hanya sebagai keahlian teknis tetapi juga sebagai bekal bertahan di lanskap keuangan yang mengarah pada digitalisasi.

Referensi:

Currents. (2025, September 2). Why Crypto literacy Is So Important In 2025 – Lakeland Currents. Lakeland Currents. https://lakelandcurrents.com/why-crypto-literacy-is-so-important-in-2025/

Engle, T. A., Maher, C. A., & Jones, M. (2025). Afraid of the unknown: crypto literacy and fear of online fraud. Journal of Economic Criminology, 100135. https://doi.org/10.1016/j.jeconc.2025.100135

Jadhav, S. D., Raghunath, C. P. S., Hamid, W., & Anil, M. V. (2022). A study on awareness  of college students about cryptocurrency  and Its relation to Level of Education. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 3(2), 155–160. https://doi.org/10.17509/ijert.v3i2.50083

Jones, M., Luu, T., & Samuel, B. (2024). The interdependence of financial literacy and crypto literacy. Economics Letters, 239, 111737. https://doi.org/10.1016/j.econlet.2024.111737

Shaner, K. (2024, December 10). Does the cryptocurrency  sector have a financial literacy problem? UC News. https://www.uc.edu/news/articles/2024/12/does-the-crypto-sector-have-a-financial-literacy-problem.html

Srivastava, A. (2025, May 7). Teaching Cryptocurrency  in Schools: A Guide for School Districts | EVERFI. EVERFI. https://everfi.com/blog/k-12/teaching-kids-about-cryptocurrency /