MENGENAL IoT & AI PADA TELEKOMUNIKASI COMPANY VISIT XL AXIATA

Pada tanggal 16 Mei 2024, 51 Mahasiswa dari School of Accounting Universitas Bina Nusantara dari Bekasi dan alam sutera berkesempatan untuk mengadakan Company Visit ke XL Axiata, salah satu operator telekomunikasi terbesar di Indonesia. Kunjungan ini diikuti oleh para mahasiswa jurusan Accounting Technology Binus Bekasi yang antusias untuk mempelajari lebih dalam tentang dunia bisnis, keberlanjutan, dan inovasi teknologi di XL Axiata.

Acara Company Visit dimulai dengan sesi seminar yang terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama membahas tentang “Business Solution” dengan fokus pada strategi dan solusi bisnis yang diterapkan XL Axiata. Mahasiswa Accounting Technology Binus Bekasi menunjukkan partisipasi aktif dengan mengajukan berbagai pertanyaan kepada pembicara dari XL Axiata. Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan cybersecurity yang diterapkan untuk pelanggan XL Axiata yang memberikan produk berupa internet atau layanan data analytics.

Sesi kedua seminar mengangkat tema “Sustainability” yang membahas komitmen XL Axiata dalam menjalankan bisnis secara berkelanjutan. Topik ini menjadi perhatian penting bagi para mahasiswa di era sekarang, dan mereka pun terlibat dalam diskusi yang menarik mengenai berbagai strategi dan inisiatif yang dilakukan XL Axiata untuk meminimalisir dampak lingkungan dan sosial dari kegiatan bisnisnya serta fokus sustainability XL Axiata.

Sesi terakhir seminar fokus pada “IoT dan AI”, dua teknologi yang semakin berkembang pesat dan memainkan peran penting dalam industri telekomunikasi. Para pembicara dari XL Axiata memaparkan bagaimana mereka memanfaatkan IoT dan AI untuk meningkatkan kualitas layanan, menciptakan produk dan solusi inovatif, dan meningkatkan efisiensi operasional serta berdampak pada Masyarakat sekitarnya.

Setelah sesi seminar yang informatif, para mahasiswa Accounting Technology Binus Bekasi berkesempatan untuk berkeliling ke Xlab, laboratorium IoT XL Axiata. Di sana, mereka dapat melihat secara langsung berbagai aplikasi IoT yang dikembangkan XL Axiata, seperti smart city, smart home, dan smart agriculture hingga sistem pengecekan lahan parker dengan AI. Para mahasiswa pun antusias untuk mencoba dan mempelajari teknologi-teknologi canggih yang dikembangkan tim Xlab.

Company Visit ke XL Axiata merupakan pengalaman yang berharga bagi para mahasiswa Accounting Technology Binus Bekasi. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru tentang dunia bisnis, keberlanjutan, dan inovasi teknologi, tetapi juga berkesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana teknologi-teknologi tersebut diterapkan di XL Axiata. Kunjungan ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus belajar dan mengembangkan diri, dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif dan penuh dengan perubahan.