Tantangan dan Peluang Merespon Profesi Akuntansi Syariah di Era Digitalisasi

Dunia saat ini tidak mampu lepas dengan sebuah aspek dunia itu sendiri yakni teknologi. Perkembangan teknologi dapat mengubah segala hal termasuk dalam dunia bisnis. Dalam hal tersebut tentunya peluang dan juga tantangan dari adanya kecanggihan teknologi akan dihidangkan pada profesi-profesi akuntansi syariah.

Tantangan Profesi Akuntansi Syariah di Era Digitalisasi

1.Banyak SDM yang tergerus

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih maka akan banyak pendanaan bisnis yang dialokasikan untuk alat teknologi di mana sumber daya yang dibutuhkan dalam bisnis yang kemudian akan menggerus banyak SDM akuntan termasuk para staf akuntansi khususnya akuntansi. Seperti penggunaan robotic and data analytics (big data) yang digunakan untuk mengambil alih pekerjaan dasar oleh akuntan (mulai mencatat transaksi, mengolah transaksi dan memilah transaksi) karena hal ini dirasa lebih efisien dan efektifitas dalam sebuah pekerjaan.

2. Perlu adanya pengembangan skill

Kompetisi terpenting bagi profesi akuntan misalnya data analysis, informasi technology development, dan leadership skills, harus dikembangkan. Dari banyaknya perubahan tersebut tentu akan memberikan dampak secara langsung yang merubah kinerja akuntan syariah.

Peluang Profesi Akuntansi Syariah di Era Digitalisasi

  1. data akuntansi yang berbasis cloud.
  2. Adanya pengaruh penggunaan big data.
  3. Adanya informasi keuangan nontradisional dalam sistem modern.
  4. Pekerjaan akuntan yang lebih efektif dan efisien serta peran akuntansi yang berubah secara radikal.

Tentunya dengan adanya masa depan tersebut maka akan menjadi peluang yang kemudian harus disiapkan beberapa cara untuk merespon hal tersebut. Adapun cara yang dapat digunakan untuk merespon perubahan digital pada akuntansi syariah di era digitalisasi yang mengedepankan aspek keagamaan dalam setiap pengambilan keputusan bukan hanya demi kepentingan pribadi atau organisasi namun melihat kemaslahatan bersama.

 

Daftar Pustaka

 Rahmawati, Y. (2022). Akuntansi Syariah di Indonesia dalam Era Digital. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance2(1), 1-12.

Apriyanti, H. W. (2017). Akuntansi syariah: sebuah tinjauan antara teori dan praktik. Jurnal Akuntansi Indonesia6(2), 131-140.

Apriyanti, H. W. (2018). Teori Akuntansi Berdasarkan Pendekatan Syariah. Deepublish.

Dewati Salma Syahtri