Prospek Kerja Mahasiswa Akuntansi Syariah di Era Digitalisasi

Seorang akuntan harus bertanggung jawab dalam pelaporan keuangan yang baik dan cepat. Itulah yang kemudian menjadi PR para akuntan hari ini, resiko dan peluang teknologi perlu diidentifikasi serta dipahami dengan baik oleh semua kalangan profesi ditengah trend IT global agar dunia bisnis dapat bertumbuh dengan aman dan optimal.

Tantangan Mahasiswa Akuntansi Syariah

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, maka peluang penggantian antara SDM akuntan ke mesin akan semakin besar. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para mahasiswa akuntansi syariah guna mempertahankan posisinya serta memperbesar peluang dalam mencari pekerjaan pada profesinya di masa yang akan datang.

Strategi yang Harus Dilakukan Mahasiswa Akuntansi Syariah

Mahasiswa akuntansi syariah semakin tahun semakin meningkat, namun semakin tahun pula kecanggihan teknologi mengikis prospek kerja bagi para calon akuntan tersebut.

Literasi Manusia

Mempersiapkan SDM yang dapat berfungsi dengan baik di lingkungan manusia itu sendiri dengan mempersiapkan wadah pengembangan SDM itu sendiri. Di dalam wadah tersebut dipersiapkan metode pengembangan kapasitas kognitif mahasiswa. Menambah keterampilan kepemimpinan dan team work. Kelincahan dan kematangan budaya karena mahasiswa dengan latar belakang yang beragam diharapkan mampu bekerja dalam lingkungan yang berbeda. Entrepreneurship merupakan kapasitas dasar yang dimiliki oleh seorang mahasiswa akuntan.

Literasi Baru

Perlu adanya literasi baru untuk mempersiapkan lulusan akuntan yang lebih kompetitif. Agar dapat menciptakan lulusan kompetitif maka perlu adanya kurikulum orientasi baru. Sebab dengan adanya era revolusi 4.0 tidak hanya cukup untuk membaca, menulis dan menghitung tanpa didasari nalar kritis di dalamnya. Maka perlu adanya literasi data untuk membaca, menganalisa, dan menggunakan informasi di dunia digital. Perlu juga adanya literasi teknologi yakni cara memahami kerja mesin atau aplikasi teknologi. Bukan malah mesin yang menjadi pengendali.

Daftar Pustaka

 

Amalia, R., & Diana, N. (2020). Determinan Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir di Lembaga Keuangan Syariah. e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi9(02).

Maulana, M. I. S., Firdan, M., Sabilla, S. R., & Hakam, A. (2022). Perkembangan Perbankan Syariah di Era Digitalisasi. IQTISADIE: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy2(1).

Anwar, S. (2019). Revolusi industri 4.0 Islam dalam merespon tantangan teknologi digitalisasi. Jurnal Studi KeIslaman8(2), 16-28.

Dewati Salma Syahtri