Perbedaan Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen

Akuntansi memegang peranan yang sangat penting dalam upaya pengambilan keputusan pada sistem ekonomi atau keuangan. Pengertian dari akuntansi itu sendiri adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk mengukur aktivitas bisnis, memproses data ke dalam bentuk laporan, hingga mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak manajemen.

Peranan utama dari ilmu akuntansi tak lain yakni untuk membantu tugas manajemen, khususnya dalam fungsi pengawasan dan perencanaan. Secara umum, akuntansi berhubungan dengan masalah keuangan hingga aktivitas pencatatan uang.

Pengertian

Akuntansi keuangan adalah salah satu jenis akuntansi yang berhubungan dengan penyiapan laporan keuangan bagi beberapa pihak luar, seperti pemegang saham, pemasok, kreditur, dan pihak-pihak lainnya yang berkaitan. Sedangkan akuntansi manajemen adalah suatu proses identifikasi, akumulasi, pengukuran, analisis, penafsiran, penyiapan, dan komunikasi mengenai informasi yang dapat membantu pihak eksekutif dalam memenuhi suatu tujuan organisasi.

 

Apa Perbedaan Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen?

Perbedaan mendasar antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen adalah pada orientasi pelaporan. Pada akuntansi manajemen pelaporan berorientasi pada pihak internal sedangkan pada akuntansi keuangan pelaporan berorientasi pada pihak eksternal.

 

Apa Saja yang Termasuk Pihak Internal?

Pihak internal antara lain

  1. manajemen perusahaan tingkat atas
  2. manajemen perusahaan tingkat menengah
  3. manajemen perusahaan tingkat pertama

 

Apa Saja yang Termasuk Pihak Eksternal?

Pihak eksternal antara lain

  1. Pemegang Saham
  2. Kreditur
  3. Pemerintah
  4. Dan Pihak lainnya yang tidak terlibat secara langsung dalam operasional sebuah perusahaan

Daftar Pustaka

 

Fatimah, N., & Susanti, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)6(1), 48-57.

Kholmi, M. (2019). Akuntansi manajemen (Vol. 2). UMMPress.

I Gusti Putu Darya, M. M. (2019). Akuntansi Manajemen. Uwais Inspirasi Indonesia.

 

Dewati Salma Syahtri