Peran Akuntansi Dalam Perkembangan Ekonomi Indonesia di Era New Normal

 

Era new normal membawa arus baru dalam kehidupan masyarakat, begitu pula dengan perkembangan keilmuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran seorang akuntan dalam perkembangan ekonomi Indonesia di era new normal.

 

Apa itu New Normal?

New Normal adalah kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi. Hal ini dikarenakan pandemi sudah sangat menurun angkanya dan kehidupan bernegara sudah cukup stabil sehingga dapat berjalan normal seperti semula.

 

Bagaimana Perkembangan Ekonomi Indonesia sebelum Era New Normal?

Selama Negara Indonesia dilanda Covid-19, banyak terjadi perubahan gaya hidup masyarakat. Hal ini terlihat dari kegiatan pendidikan, pekerjaan, penghasilan, psikologi, ibadah, dan lain sebagainya. Hampir semua sektor terkena dampak pandemi Covid-19. Salah satunya yang terlihat nyata adalah sektor ekonomi, dari mikro hingga makro. Di sektor ini, dampak paling terasa karena menyangkut hajat hidup orang banyak, seperti pemecatan karyawan karena permintaan pasar yang menurun. Akhirnya, Indonesia menerapkan Era Normal Baru.

Bagaimana Peran Akuntansi di Era New Normal?

Peran Akuntansi dalam membantu perkembangan prekonomian negara Indonesia sangatlah banyak, karena Akuntansi memiliki tujuan yang sangat berhubungan dengan sektor keuangan. Menurut Pendapat SAK tujuan akuntansi adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

Tidak hanya itu, era new normal juga diikuti dengan era revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 menjadikan teknologi sebagai kebutuhan primer oleh semua kelompok masyarakat. Bisnis E-commerce merupakan salah satu peran penting untuk mendukung perekonomian Indonesia saat ini. Akuntansi memegang peranan penting dalam perekonomian karena setiap pengambilan keputusan keuangan harus didasarkan pada informasi akuntansi. Kondisi ini menyebabkan akuntansi menjadi profesi yang sangat dibutuhkan dalam dunia ekonomi, baik sebelum pandemi maupun di era new normal.

References 

Wijoyo, H., Cahyono, Y., Ariyanto, A., & Wongso, F. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Insan Cendekia Mandiri.

Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal Dalam Mengdongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Era New Normal. Likuid Jurnal Ekonomi Industri Halal1(1), 33-42.

Dewi, L. G. K., & Dewi, N. A. W. T. (2020). Profesi Akuntansi Di Era New Normal: Apa Yang Harus Dipersiapkan?. Jurnal Akuntansi Profesi11(2), 263-272.

Dewati Salma Syahtri