Akuntansi Keperilakuan : Definisi, Aspek, dan Manfaat

Akuntansi keperilakuan merupakan bagian dari disiplin akuntansi yang mengkaji hubungan antara perilaku manusia dan sistem akuntansi, serta dimensi keperilakuan dari organisasi di mana manusia dan sistem akuntansi itu berada. Akuntansi keperilakuan bermanfaat dalam mempelajari pengaruh antara perilaku manusia terhadap desain, bangunan, dan penggunaan sistem informasi akuntansi yang diterapkan dalam perusahaan, mempelajari perilaku manusia yang mempengaruhi kinerja, motivasi, produktivitas, pengambilan keputusan, kepuasan kerja dan kerja sama; dan merupakan metode untuk yang dapat dipergunakan untuk mempengaruhi perilaku, dan bagaimana mengatasi resistensi itu.

Apa itu Akuntansi Keperilakuan?

Akuntansi keperilakuan adalah dimensi akuntansi perilaku manusia dan hubungannya dengan pendesainan, penyusunan, dan penggunaan informasi akuntansi secara efisien dan efektif untuk mencapai keselarasan tujuan-tujuan. Akuntansi keperilakuan adalah pendekatan untuk menerapkan prinsip psikologis dalam proses akuntansi. Ini menekankan pada dampak perilaku pada keputusan akuntansi dan mencoba mengintegrasikan kedua pendekatan.

Apa saja Aspek Penting dalam Akuntansi Keperilakuan?

Menurut Schiff dan Lewin (1974) ada lima aspek penting dalam akuntansi keperilakuan, yaitu:

  1. teori perusahaan dan keperilakuan manajerial.
  2. penganggaran dan perencanaan.
  3. pengambilan keputusan,
  4. pengendalian, dan
  5. pelaporan keuangan.

Apa Manfaat dari Akuntansi Keperilakuan?

Akuntansi Keperilakuan penting karena memungkinkan orang untuk mengerti bagaimana perilaku manusia mempengaruhi proses akuntansi. Akuntansi ini juga membantu orang untuk mengerti bagaimana perilaku manusia dapat mempengaruhi hasil akuntansi. Selain itu, Akuntansi Keperilakuan  juga dapat membantu orang untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk mengendalikan biaya, meningkatkan laba, dan memaksimalkan efisiensi operasional.

Daftar Pustaka

 Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi keperilakuan. Ugm Press.

Hudayati, A. (2002). Perkembangan Penelitian Akuntansi Keperilakuan: Berbagai teori dan pendekatan yang melandasi. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia6(2).

Wulandari, F., Hermawan, S., Fitriyah, H., & Nurasik, N. (2022). a Literature Review: Riset Akuntansi Keperilakuan Di Indonesia. Jurnal Akuntansi11(2), 157-175.

Dewati Salma Syahtri