Sektor Kosmetik Halal yang Semakin Glowing

Sumber: https://sertifikasihalalindonesia.com/

Dalam laporan “State of The Global Islamic Economy Report 2022” dinyatakan bahwa ada Wardah merupakan pemain kosmetik halal dari Indonesia yang cukup menyita perhatian, dan merek turunan mereka untuk kaum pria dengan brand Kahf. Laporan ini juga menyatakan jika Indonesia dan Malaysia sudah menjadi epicenter dari industri kosmetik halal dunia dengan penjualan yang terus meningkat. Dan jika kita mengacu akan bonus demografi yang dimiliki oleh Indonesia dan semakin meningkatnya kesadaran penggunaan kosmetik dan produk perawatan wajah yang aman, maka kebutuhan pasar akan produk kosmetik halal di Indonesia akan terus berkembang.

Para pemain kosmetik dan skincare halal Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang ini, baik pasar domestik maupun global. Produsen kosmetik dan skincare yang berasal dari negara yang dikenal akan produknya perawatan wajahnya seperti Korea Selatan sudah menangkap pasar ini dengan kerasnya usaha mereka untuk mendapatkan sertifikasi halal sehingga mereka dapat menarik pasar Muslimah dunia. Penjualan produk kosmetik dan skincare halal di negara-negara Timur Tengah juga sedang meningkat dengan signifikan beberapa tahun belakangan ini. Beberapa merek kosmetik ternama seperti “Shade M Beauty” meningkat penjualannya didorong oleh semakin berkembangnya e-commerce. Kosmetik halal di Indonesia memiliki nilai pasar sebesar USD 4,19 Milyar pada tahun 2022 yang lalu, dan diprediksikan nilai tahun ini akan naik sebesar 8 persen. “State of The Global Islamic Economy Report 2022” memaparkan potensi kosmetik dan skincare halal yang dapat mencapai USD 93 Milyar pada tahun 2025.

Siapkah produsen kosmetik halal Indonesia untuk semakin menangkap pasar domestik dan global? Produsen kosmetik halal Indonesia sendiri berniat untuk menguasai pasar kosmetik halal. Dengan jumlah penduduk muslim terbesar, produsen kosmetik halal Indonesia memiliki keyakinan jika kita dapat menjadi kiblat dari industri kosmetik dan skincare halal global. Produk kosmetik halal dari Indonesia sudah diekspor ke negara-negara Muslim lainnya, seperti Malaysia dan negara-negara Timur Tengah.

Branding yang tepat dapat menjadi salah satu kunci kekuatan produk kosmetik dan skincare halal Indonesia. Industri kosmetik halal Indonesia harus dapat menonjolkan kekuatan kosmetik Indonesia yang memiliki keragaman sumber bahan baku dasar lokal yang aman digunakan. Dengan tren penggunaan yang terus meningkat sejak lima tahun terakhir, membuktikan pasar menunggu hadirnya kosmetik halal yang terus meningkatkan kualitasnya. Sebagai langkah awal, produsen kosmetik halal Indonesia harus mampu menguasai pasar di kawasan Asia Tenggara terlebih dahulu yang memiliki karakteristik iklim yang sama, yang tentu saja dibarengi dengan riset dan inovasi untuk melahirkan produk yang semakin memperkuat pasar lainnya seperti Afrika dan Timur Tengah. Dengan sumber bahan alam yang melimpah, Indonesia memiliki prospek yang kuat menjadi penguasa pasar kosmetik halal dunia.

Referensi:

https://ihatec.com/perkembangan-kosmetik-halal-di-indonesia/

https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/07/30/waktunya-produk-halal-bersinar

http://ikft.kemenperin.go.id/perkembangan-industri-kosmetik-nasional/

Rochania Ayu Yunanda, S.E., MSc., PhD., CFP.