Pentingnya GHG Inventory

Inventarisasi gas rumah kaca adalah penilaian sistematis terhadap sumber dan penyerap gas rumah kaca (GRK) yang terkait dengan aktivitas, produk, atau layanan bagi klien suatu perusahaan. GHG inventory ini membantu perusahaan untuk mengukur, mengelola, dan mengurangi emisi GRK dan mematuhi peraturan dan standar yang relevan

Melalui penerapan metode dan protokol standar, inventarisasi gas rumah kaca (GRK) dengan cara menghitung, mengukur, dan menilai emisi terkait aktivitas dan sumbernya. Inventarisasi emisi suatu negara dapat dilakukan; dari total operasi suatu entitas seperti korporasi, universitas atau pemerintah; atau untuk komunitas lokal. Inventarisasi skala komunitas mencatat emisi yang terkait dengan aktivitas yang terjadi dalam batas geografis komunitas. Bertindak sebagai neraca perubahan iklim, inventarisasi GRK dapat menunjukkan kemajuan dan kemunduran yang dicapai serta menjaga akuntabilitas pembuat kebijakan dan anggota masyarakat terhadap tujuan dan resolusi mereka yang terverifikasi.

Sektor-sektor GRK yang umum dilacak mencakup transportasi, energi stasioner (perumahan, komersial, dan industri), dan limbah padat; beberapa inventaris juga mencakup proses industri dan penggunaan produk, serta pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan. Inventarisasi GRK mengukur keluaran GRK yang diakui secara internasional dari sektor-sektor yang terdaftar. Tiga gas utama meliputi:

  1. Carbon Dioxide (CO2)
  2. Methane (CH4)
  3. Nitrous Oxide (N2O)

Inventarisasi GRK penting karena merupakan langkah awal yang mendasar dalam mengelola emisi GRK lokal dan internasional.

Selama beberapa tahun terakhir, terdapat peningkatan minat untuk melihat / memantau konsep anggaran karbon (carbon budget). Anggaran karbon adalah jumlah kumulatif emisi karbon dioksida (CO2) yang diizinkan selama periode waktu tertentu untuk menjaga ambang batas suhu tertentu. Misalnya, terdapat batasan khusus untuk kumulatif emisi global antara saat ini dan tahun 2050 yang kemungkinan besar akan menjaga kenaikan suhu di bawah 1,5℃.

 

Gambar diambil dari:

GHG inventory – Bing images

 

Referensi:

Metzger, Eliot. 2008. Bottom Line on Corporate GHG Inventories. https://www.wri.org/research/bottom-line-corporate-ghg-inventories

Linda Kusumaning Wedari S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CLI., CSRA.