Ethical dan Sustainable Men’s Clothing

Bicara mengenai sustainable business, kita sebaiknya melihat lebih detail operasi bisnis dan proses produksi yang ada di suatu perusahaan. Mari kita coba melihat, sebuah contoh sustainable bisnis di London, Inggris.

Di London, Brothers We Stand (https://www.brotherswestand.com/), sebuah perusahaan pakaian khusus pria (men’s clothing) telah menerapkan sustainable clothing dengan hanya menggunakan 100% organic cotton dan supply chain yang juga menerapkan sustainable business. Brothers We Stand berkomitmen untuk tidak melakukan greenwashing dan tetap menjaga produk dengan kualitas tinggi. Brothers We Stand menjaga penerapan ‘ethical style standards’ berupa:

  1. Clear positive social or environmental impact. Brothers We Stand hanya memproduksi pakaian pria jenis t-shirt yang dibuat di pabrik bertenaga angin, dengan jejak karbon (carbon footprint) 90% lebih rendah dari konvensional.
  2. Transparent supply chain. Merek/nama pemasok dapat memberi info ke Brothers We Stand perincian lengkap mengenai rantai pasokan mereka untuk barang-barang yang mereka jual di Brothers We Stand. Brothers We Stand bahkan selalu mencantumkan ringkasan ini di setiap halaman produk.
  3. Workers rights upheld. Brothers We Stand hanya menjual barang dari merek yang memiliki sistem yang dirancang untuk memastikan terpenuhinya standar tenaga kerja minimum terkait; tidak ada penggunaan pekerja anak/dibawah umur, tidak menggunakan kerja paksa, kondisi kerja yang aman dan sehat, kontrak kerja legal, kebebasan berserikat dan hak untuk berunding bersama, tidak ada diskriminasi terhadap karyawan, tidak ada jam kerja yang berlebihan, dan pembayaran upah minimum yang sah.
  4. Product longevity. Brothers We Stand tidak hanya menjanjikan estetika dan fungsionalitas dari produk mereka, tapi juga longevity produk. Dengan prinsip longevity, Brothers We Stand telah memanfaatkan sumber daya planet kita dengan baik dan mendukung konsumen untuk memperlambat konsumsinya.
  5. Commitment to development. Merek yang menjual di Brothers We Stand berkomitmen untuk mengembangkan dampak sosial dan lingkungan mereka. Merek mengomunikasikan area untuk pengembangan dengan kami dan kami membagikannya kepada Anda di Jejak Produk kami.

Jonathan Mitchell, pendiri Brothers We Stand, mengatakan bahwa Brothers stand the comb pada dasarnya adalah bisnis pengecer online di mana Anda dapat berbelanja pakaian pria. Bisnis ini diterapkan dengan konsep berkelanjutan, dimana material pakaian dibuat dari bahan daur ulang dan yang terpenting juga dibuat tahan lama. Kami memiliki standar 6 poin dan setiap produk di situs mereka harus memenuhi standar itu dan termasuk poin, seperti dibuat tahan lama, dan juga menonjolkan dampak sosial dan lingkungan.

Brothers We Stand juga mengatakan bahwa biaya produksi yang menggunakan bahan yang berkelanjutan, sekitar satu setengah kali lebih tinggi untuk kaos dasar, dan ini artinya, pelanggan harus bersedia membayar lebih mahal. Meskipun demikian penjualan telah tumbuh lebih dari 50% setiap 2 tahun terakhir, meskipun dari basis kecil.

 

Referensi:

  • Image Source: Google Image
Linda Kusumaning Wedari, S.E., M.Si., Ph.D., Ak., CA., CLI., CSRA