Enterprise Resource Planning (ERP) bagi SMEs

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) ditujukan untuk mengelola semua aspek bisnis, termasuk aspek produksi, perencanaan, pembelian, manufaktur, penjualan, distribusi, akuntansi, dan layanan pelanggan. ERP menjadi perangkat lunak (software) dari satu sistem yang terintegrasi penuh.

Baca kembali Pengenalan Enterprise Resource Planning (ERP) disini

Banyak usaha kecil (SMEs) telah menggunakan perangkat lunak ERP untuk meningkatkan komunikasi lintas departemen dan mengoptimalkan proses bisnis dengan menyediakan visibilitas yang mudah dari semua operasi. Perangkat lunak ERP juga membantu SMEs mengintegrasikan informasi keuangan dan informasi pelanggan mereka ke dalam satu sistem.

Manfaat ERP bagi SMEs

Ada kesalahpahaman umum tentang ERP, yaitu bahwa ERP hanya untuk bisnis skala besar. Memang benar, ERP pertama kali dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan skala besar — seperti namanya — tetapi kemudian ERP dapat membantu bisnis, besar dan kecil, dengan cara mengintegrasikan semua proses bisnis dan data mereka ke dalam satu tempat.

Berbagai SMEs telah menerapkan ERP, karena system ERP dapat membantu SMEs dalam:

  1. Berbagi Informasi
    ERP dapat membantu menghubungkan dan integrasikan semua departemen di perusahaan, sehingga perusahaan (organisasi) dapat dengan mudah berbagi data dan informasi antar divisi untuk merampingkan proses.
  1. Meningkatkan Throughput
    ERP dapat membantu meningkatkan throughput tanpa perlu menambah staf baru atau memperluas operasi dengan mengotomatisasi proses, menghilangkan pekerjaan yang berlebihan, dan meningkatkan efisiensi organisasi/bisnis.
  1. Mendapatkan Business Intelligence
    ERP dapat menggunakan data dan pelaporan yang akurat untuk melacak kemajuan, produktivitas, dan kinerja bisnis sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Banyak juga bisnis kecil yang termasuk SMEs yang masih ragu untuk menggunakan ERP. Banyak dari SMEs berfikir bahwa mereka tidak memerlukannya karena ukuran bisnis yang relatif masih kecil. Namun bila kita berfikir lebih detail, SMEs pasti juga memiliki banyak data. Seiring dengan umur bisnis dan berkembangnya bisnis, akan bertambah banyak dan kompleks data yang dimiliki oleh suatu SME. Bisnis dengan data seperti ini akan memerlukan sebuah sistem yang dapat mengaturnya, dan membantu department dalam organisasi untuk saling berkomunikasi dan berkolaborasi secara efektif di seluruh asperk bisnis organisasi tersebut. ERP telah terbukti dapat membantu banyak SMEs dalam menangani data yang kompleks dan juga menangani sumber daya bisnis.

Salah satu keuntungan terbesar dari sistem ERP adalah kemampuannya untuk memberikan visibilitas lengkap dari seluruh operasi bisnis SME, serta, dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kinerja operasi bisnis. Dengan ERP, proses dan aktivitas yang biasanya memakan waktu berjam-jam dalam pengumpulan data dan pembuatan laporan, dapat dilakukan secara otomatis termasuk memberi gambaran menyeluruh tentang operasi bisnis. Hal ini tentu saja akan memungkinkan pemilik bisnis untuk mengukur berbagai kinerja penting secara real time. SMEs dapat menggunakan informasi ini untuk selalu mengetahui posisi bisnis, mengoptimalkan jadwal produksi, dan memaksimalkan kapasitas serta meningkatkan hasil. Kolaborasi antar departemen dengan menggunakan ERP akan memungkinkan SMEs untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Dari penjelasan di atas, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai pemanfaatan ERP bagi SMEs.

Referensi:

Image Sources: Google Images

Linda Kusumaning Wedari, S.E., M.Si., Ph.D.