Setiap hari manusia dihadapkan pada berbagai situasi atau kejadian yang dapat memicu munculnya perasaan cemas, misalnya ujian mendadak, presentasi tugas, terlambat masuk kelas, dan sebagainya. Sebenarnya merasa cemas merupakan reaksi yang wajar sebagai respon terhadap situasi yang dianggap mengancam atau membahayakan. Namun jika kecemasan tersbut berlebihan dan tidak sesuai dengan proporsi ancamannya, maka dapat mengarah ke gangguan yang akan menghambat fungsi seseorang dalam kehidupannya. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM V) mendefinisikan gangguan kecemasan (anxiety) sebagai perasaan takut berlebihan yang terjadi pada seseorang yang berdampak pada terganggunya kegiatan sehari-hari.

Kecemasan dapat ditandai dengan reaksi fisik berupa tangan gemetar, telapak tangan berkeringat, pusing, mulut terasa kering, sesak napas, suara bergetar, jantung berdebar kencang, leher terasa kaku, dan sakit perut. Biasanya, individu dengan perasaan cemas berlebih memiliki pikirian-pikiran seperti ketakutan akan masa depan, keyakinan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, takut tidak memiliki kendali atas suatu hal, merasa tidak mampu menyelesaikan masalah, sulit berkonsentrasi, ataupun memiliki perasaan campur aduk lainnya.

BEKEN TALK : LEVEL UP! Kali ini mengadakan kegiatan bertema Me vs Anxiety. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yakni pada tanggal 9-11 November 2022. Kegiatan tersebut berisikan kegiatan berupa Seminar “Takut Tambah Dewasa, Takut Aku Kecewa”, Talkshow “Ujian, Siapa Takut?”, dan Art Activity to Reduce Anxiety. Seluruh rangkaian ini dirancangkan dengan tujuan mengurangi kecemasan yang dirasakan mahasiswa, khususnya sebelum mengikuti Ujian Tengah Semester. Kegiatan ini dilakukan secara onsite dan mendapatkan sambutan positif dari mahasiswa. Berdasarkan testimoni dari beberapa mahasiswa, didapatkan informasi bahwa kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat. Mereka meminta kegiatan ini dilakukan secara rutin untuk membantu merealisasikan perasaan dan pikiran menggaggu yang mereka alami.