Pada Kamis, 13 Oktober 2022, BINUS UNIVERSITY bekerjasama dengan BINUS TV, IPCC, dan juga Business Management Program BINUS @Bekasi menyelenggarakan acara CEO Goes to Campus di BINUS @ Bekasi. Tema acara CEO Goes to Campus kali ini adalah IPCC Beyond the Gate: How to Contribute More in the Automotive Ecosystem. Pada acara kali ini, CEO Goes to Campus berkolaborasi dengan PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC Car Terminal/IPCC).

Pembicara pada hari ini dibawakan oleh Dr. Darjat Sudrajat CSA., CSCM., CPLM. sebagai moderator, dengan pembicara antara lain yaitu Reza Priyambada selaku Investor Relations IPCC Terminal Kendaraan, Rio T.N. Lasse selaku Direktur Utama IPCC Terminal Kendaraan, dan Agus Hendrianto selaku Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis.

Tujuan dari acara CEO Goes to Campus ini adalah untuk memberikan edukasi terkait dengan rantai pasokan atau supply chains dalam transportasi dan service terminal secara umum dari PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC Car Terminal/IPCC) yang merupakan bagian dari rantai pasok ekosistem (ecosystem value chain) industri otomotif.

Sesuai tagline yang diusung pada acara tersebut yaitu Beyond the Gate, Rio Lasse selaku Direktur Utama IPCC menyampaikan bahwa bisnis pelabuhan itu sendiri dibatasi oleh gerbang yang ada di darat dan laut, gerbang yang dimaksud ialah terminal, untuk berkontribusi secara lebih luas dalam membantu bisnis dari customer dan melancarkan proses distribusi agar lebih mudah diperoleh customer, IPCC melihat kesempatan diluar gerbang untuk berperan lebih banyak lagi dengan memperluas layanan dan kompetensi secara langsung kepada customer. IPCC yang juga merupakan bagian dari Pelindo Group diberikan mandat khusus oleh pemerintah untuk bisa mendukung upaya penekanan biaya logistik nasional, Rio menterjemahkan hal tersebut kedalam sebuah tagline Beyond the Gate yang dijadikan spirit bagi IPCC.

“Dengan Beyond the Gate tersebut, kami (IPCC) semakin mensecure bisnis terminal itu sendiri, memastikan bahwa market share kita itu bisa menerima layanan terbaik dari core business kami sebagai pengelola terminal.” Ungkap Rio.

Agus Hendrianto sebagai Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis juga menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh salah satu peserta pada sesi QnA peluang karir atau bisnis yang baik dalam industri pelabuhan, Agus menyampaikan bahwa semua konsolidasi barang berada di pelabuhan, dan 80% kegiatan perdagangan melewati pelabuhan laut. Agus pun memberikan tips bagi peserta yang kelak akan memilih perusahaan untuk mulai menjalani karirnya.

“Jangan masuk ke perusahaan yang sudah besar, karena banyak saingan, masuklah ke perusahaan yang sedang bertumbuh dan peluang bisnisnya masih besar disana.” Ujar Agus.

BINUS UNIVERSITY dengan semangat Fostering and Empowering berharap, dengan terlaksananya kegiatan acara CEO Goes to Campus ini para peserta khususnya mahasiswa Business Management Porgram dapat mempersiapkan bekal untuk agar menjadi lulusan yang berminat untuk berkompetensi di bidang industri terminal kendaraan.