BINUS@BEKASI KOREAN FOOD WORKSHOP BY CHEF ANDY KWON & SANGSANG UNIV KT&G

BINUS Business Hotel Management @Bekasi terus berkomitmen untuk meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa yang bukan hanya didapatkan melalui pembelajaran mata kuliah yang ada, namun juga melalui kegiatan dan pengalaman dari non mata kuliah seperti melalui workshop yang dibawakan oleh praktisi yang ahli dibidangnya.

Kegiatan workshop kali ini terselenggara berkat kolaborasi BINUS University @Bekasi dengan SangSang Univ. (Korea Tomorrow & Global Corporation- KT&G) yang dilaksanakan pada Kamis, 15 September 2022 secara onsite di Demo Class dan Lab Kitchen Business Hotel Management kampus Bekasi. Tema workshop yang diusung adalah Korean Food, yang dibawakan oleh Chef Andy Kwon selaku facilitator yang juga adalah Executive Chef dari Moonlight Pocha Restaurant. Workshop berlangsung selama 3 jam dengan skema hybrid, dimana terdapat 20 mahasiswa onsite dari jurusan Business Hotel Management dan Hotel Management angkatan B2026, B2025, dan B2023, serta 103 mahasiswa  secara online via Zoom.

Workshop dibuka oleh perwakilan dari KT&G (Korea Tomorrow & Global Corporation), yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pertama dimana Chef Andy mengajarkan memasak 2 jenis menu makanan Korea yaitu Gimbab dan Tteokbokki, mulai dari persiapan bahan baku, tahapan memasak, hingga tips & trick dalam pengolahan makanan Korea. Sesi ini dilakukan di Demo Class dengan skema hybrid dimana seluruh peserta dari Zoom dapat menonton melalui dua tampilan kamera yang secara detail menyorot area kerja Chef Andy.

Berlanjut ke sesi kedua, dimana 20 mahasiswa onsite beralih ke Kitchen Lab dan kemudian dibagi menjadi 5 tim dibawah arahan Chef Nurul Sukma Lestari. Setiap tim kemudian harus memasak 2 menu yang sudah diajarkan Chef Andy pada sesi pertama. Pada sesi ini, mahasiswa secara tidak langsung melatih hardskill melalui kemampuan memasak dan juga softskill dalam hal teamwork dan komunikasi dengan rekan lainnya yang berbeda angkatan. Pada sesi ini, Chef Andy juga mensupervisi setiap tim dan memastikan bahwa mereka dapat memasak dengan baik.

Sesi ditutup dengan foto bersama dan penyerahan sertifikat penghargaan. Terimakasih kepada SangSang Univ. KT&G dan Chef Andy yang telah bersedia berbagi kepada para calon hotelier dimasa mendatang dan semoga kolaborasi ini akan tetap berlanjut kedepannya.

Berikut dokumentasi kegiatan:

Sangsang Univ. is KT&G’s social contributi

Informasi tentang SangSang Univ. (Korea Tomorrow & Global Corporation- KT&G) dikutip dari website resmi pada 15 September 2022 https://sangsanguniv.my.id/

 

on activity that imagines and realizes a ‘better tomorrow’ together. As a part of KT&G’s social contribution, Sangsang Univ. started as a contemplation on what support is most needed for college students, and the future of our society. Sangsang Univ. Indonesia, which started as a university student culture and art community in 2015, provides opportunities for learning, exchange, and sharing in various fields centered on culture and art, and is growing into a comprehensive community that encompasses career exploration, preparation, and social contribution activities. KT&G believes that the free imagination and new sensibility of college students will enrich the society in which we live together.

Vision: To assist with their true self-growth through the provision of opportunities for diversified experiences and exchanges to the university students experiencing arduous life due to excessive personal specification competition within the campus.

Instagram Moonlight Pocha Restaurant https://www.instagram.com/moonlightpocha/