Industri teknologi yang semakin berkembang dan dibutuhkan oleh banyak orang, tentu saja memerlukan sumber daya manusia untuk membantu memajukannya. Meski begitu, kebanyakan orang memandang industri tersebut hanya diperuntukan untuk laki-laki, namun beruntungnya dewasa ini para wanita sudah mulai berani untuk menghilangkan pandangan tersebut dengan memberikan segudang prestasi dan inovasi pada industri teknologi. Tidak dipungkiri Indonesia memiliki wanita-wanita hebat yang terjun pada bidang teknologi untuk membantu memajukan negara dan menyejahterkan masyarakat, salah satunya adalah Alamanda Shantika Santoso. Yang memiliki banyak prestasi dan pencapaian, beliau pernah bekerja sebagai Vice President of Product di Gojek dan merupakan Founder & President Director dari Binar Academy.

Melihat situasi dan kondisi tersebut, bertepatan pada satu hari setelah perayaan Hari Kartini 21 April di Indonesia, Oracle Academy mengadakan Virtual Event Girls in ICT Day 2021 untuk merayakan pencapaian para wanita hebat dalam industry ICT. Webinar yang diadakan pada tanggal 22 April 2021 pukul 11.30 WIB ini, menghadirkan beberapa wanita hebat yang berasal dari berbagai negara dan latar belakang, salah satunya Dr Meyliana, S.Kom, MM selaku Vice Rector Global Employability and Entrepreneurship and Associate Professor in Information Systems sebagai perwakilan dari BINUS UNIVERSITY. Selain Ibu Meyliana, acara ini dihadiri oleh para panelis dari berbagai latar belakang pekerjaan dan negara.

Pada diskusi panel, Ibu Meyliana menyampaikan pendapatnya mengenai industri teknologi terutama pada bidang Computer Science dan beliau berpendapat bahwa seorang wanita memiliki kompetensi yang sama dengan pria untuk berkarir pada bidang teknologi, terlebih lagi dengan industri teknologi yang bertumbuh sangat pesat dan memiliki peluang karir yang menjanjikan. Beliau juga berpendapat bahwa sudah banyak wanita yang menjadi technopreneur dan disesuaikan pula dengan passion dan ketertarikannya.

 “Jangan takut untuk terjun ke dalam dunia ini, karena dunia ini sangatlah seru dan menjanjikan untuk masa mendatang. Preferensi dalam computer science sangatlah beragam dan tidak hanya sebagai karyawan. Saat ini dunianya sudah semakin menarik, sudah banyak entrepreneur yang bergerak di bidang computer science, atau dikenal sebagai techno-preneur” Ungkap Ibu Meyliana dalam dukungannya untuk wanita di Industri ICT.

Webinar ini merupakan bagian dari upaya BINUS UNIVERSITY dalam memberikan yang terbaik kepada BINUSIAN agar lebih siap dalam menghadapi industri secara global. Dengan demikian, melalui webinar ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada para wanita di seluruh belahan dunia bahwa mereka memiliki peluang yang sama dalam berkarya dan memberikan inovasi untuk perkembangan industri teknologi serta memotivasi para wanita untuk lebih berani dalam mengejar apa yang diimpikannya. Dengan semangat Fostering & Empowering, diharapkan agar para wanita Binusian dapat semakin berkontribusi tidak hanya dalam bidang teknologi tetapi dalam bidang lainnya seperti bisnis, sastra, politik, dan lainnya sehingga pada akhirnya dapat memiliki dampak positif bagi lingkungan dan negaranya.