Pentingnya Table Manner bagi Para Calon Hotelier dan Entrepreneur F&B

Jakarta, 27 November 2021 – Table Manner sendiri merupakan suatu aturan yang menjabarkan perihal sikap dan cara selama jamuan atau makan besar. Biasanya aturan ini hanya dilaksanakan untuk jamuan-jamuan resmi yang bersifat formal. Fungsinya adalah untuk menekankan aspek kesopanan terhadap sesama tamu jamuan selama jamuan berlangsung. Idealnya, setiap individu harus dapat menguasai dasar-dasar dari Table Manner, terutama para professional di bidang kuliner dan perhotelan. Memahami pentingnya pengetahuan Table Manner bagi para hotelier dan pengusaha kuliner, bertepatan pada hari Rabu, 27 November 2021 lalu, Program Studi Business Hotel Management BINUS@BEKASI mengadakan acara Table Manner yang berlokasi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Sebagai calon professional di bidang kuliner dan perhotelan, sebanyak 29 BINUSIAN 2023 program Business Hotel Management BINUS@BEKASI diwajibkan untuk mengikuti pelatihan ini agar dapat kelak dapat memberikan pelayanan yang terbaik ketika menggelar berbagai jamuan makan. Tempat pelatihan yang dipilih pun, yakni Hotel Borobudur, juga merupakan hotel berbintang lima yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas service-nya. Sebelum memulai praktek Table Manner, BINUSIAN mengkuti hotel tour bersama dengan pihak operation hotel. Kegiatan keliling hotel dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan membagi BINUSIAN menjadi dua kelompok dan menerapkan physical distancing.

Setelah itu, event Table Manner dimulai dengan pemaparan teori mengenai tata cara Table Manner oleh instructor dari Hotel Borobudur. Pemaparan teori dilengkapi dengan Table Manner dari berbagai budaya, seperti Amerika Serikat dan Tiongkok. Setelah pemaparan teori, acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Anggoro Ruskasijanto selaku Director of Sales, Catering & MICE Hotel Borobudur, dilanjutkan dengan sambutan Ibu Indriyati Trisyani selaku Management Trainee (MIT) Hotel Borbudur Jakarta, dan Dr. Arif Zulkarnain, S.E., M.M., CHE selaku Head of Program Business Hotel Management BINUS@BEKASI.

Praktek Table Manner pun dimulai dengan hidangan bread dan butter, dilanjutkan dengan hidangan pembuka yakni Caesar’s Salad dan juga hidangan Soup. Setelah itu, para peserta diajak untuk menikmati hidangan Stuffed Grilled Chicken Breast with Mashed Potato sambil. Setelah itu, praktek Table Manner ditutup dengan hidangan dessert Green Tiramisu. Para BINUSIAN terlihat sangat menikmati hidangan disambil memperhatikan instructor yang turut mempraktekkan instruksinya di meja-meja peserta. Tidak ketinggalan, manner untuk memperlakukan tamu wanita yang akan meninggalkan tempat duduk dan kembali ke tempat duduk pun juga turut dipraktekkan.

Event Table Manner Business Hotel Management BINUS@BEKASI dilanjutkan dengan seremoni pemberian Sertifikat kepada perwakilan BINUSIAN, serta pemberian goodie bag dari Dr. Arif Zulkarnain, S.E., M.M., CHE sebagai perwakilan BINUS@BEKASI kepada perwakilan Hotel Borobudur. Lalu acara dilanjutkan dengan foto bersama BINUSIAN dan panitia penyelenggara.

“Jadi kami berharap para BINUSIAN mendapatkan pengalaman langsung dan juga pemahaman mengenai industri perhotelan.” Ungkap Bapak Arif Zulkarnain.

Para BINUSIAN juga diharapkan dapat terus mempertahankan ilmu Table Manner-nya agar kelak dapat menggelar jamuan dalam level nasional dan internasional dengan pelayanan yang terbaik.