Lebih Mengeksplor Diri Melalui Program Enrichment, Berikut Cerita Regina Geovania

Jakarta, 10 Agustus 2020 – Wanita yang tidak pantang menyerah dan independent, sekiranya yang menggambarkan Mahasiswa Marketing Communication, berusia 20 tahun, Regina Geovania Anggasita Izaak, dalam meraih impian dalam hidupnya. Regina yang akrab disapa, merupakan anak rantauan berasal dari Sulawesi Utara yang merupakan mahasiswi dari BINUS@Alam Sutera.

Sebagai wanita yang memiliki ketertarikan dalam bidang Retail, dan Fast Moving Consumer Goods (FMCG), membentuk dirinya untuk berkeinginan menjadi seorang career woman.

“Kalau saya pribadi memang sangat senang tentang fashion dan styling untuk di dunia retail, kalau di dunia saya senang bagaimana bisa berhubungan langsung dengan orang. Kemudian peluang yang ada punya pengaruh besar dan luas, apalagi dengan perkembangan era saat ini,” ungkap Regina.

Dengan latar belakang dari ketertarikannya dengan bidang industri tersebut, membuat Regina ingin turun langsung belajar bagaimana dalam dunia kerja yang sesungguhnya, dan dapat menjadi pengalaman baru dalam hidup. Melalui Program (2+1) +1 yang ada di BINUS UNIVERSITY, membuat Regina semakin mantap untuk mengambil track peminatan dengan Internship.

Regina membagikan ceritanya, dengan memilih peminatan Internship, dirinya melihat sebagai langkah awal dapat mempersiapkan dirinya sebagai career woman untuk kedepannya, dan semakin mengenali kekuatan dalam dirinya.

“Di era modernisasi seperti sekarang ini, pastinya saya melihat pemikiran perempuan tentu sudah harus lebih modern. Menurut saya perempuan juga perlu dalam berkarir apalagi memiliki karir yang bagus. Itulah besar keinginan saya, pada saat pertama kali dapat mengikuti program (2+1) +1 yang ada di BINUS UNIVERSITY dengan peminatan Internship, karena saya ingin benar-benar memahami bagaimana dunia perkantoran itu seperti apa,” ungkap Regina.

Dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Internship, Regina terbilang sangat well prepared karena dari berbulan-bulan sebelumnya, dirinya sudah membuat daftar list perusahaan yang di inginkan hingga belajar bagaimana saat menghadapi interview untuk magang.

“Karena mungkin ini menjadi pengalaman pertama bagi saya, tentu saya sangat excited dengan program internship yang diadakan oleh BINUS, saya ingin tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, untuk itu dari jauh hari yang saya lakukan dengan mencoba sendiri mencari informasi seputar magang, kemudian informasi dari beberapa teman, dan pasti melalui Job Expo yang selalu diadakan dari BINUS,” ujar Regina.

Kisah Diterima Magang Untuk Pertama Kali

Terbilang unik untuk Regina, setelah mengikuti berbagai tahapan, baik dari interview hingga proses seleksi akademik, semua itu terbilang butuh waktu yang lama dalam menunggu jawaban.

 “Setelah menunggu waktu yang semakin berdekatan dengan mulainya Internship, apalagi teman-teman yang cepat menerima kabar baik dari perusahaan, kalau saya terbilang lama, tetapi akhirnya semua diluar dugaan, saya mendapat jawaban dari semua perusahaan yang saya apply nya dengan rentan waktu berdekatan dalam satu minggu akhir. Pastinya tiada hasil menghianati usaha, saat itu ada 4 perusahaan besar yang sekaligus menghubungi saya,” ungkap Regina.

Namun setelah itu, cara Regina untuk memutuskan pilihan perusahaan mana, terbilang unik. Siapa yang pertama itu yang menjadi pilihannya.

“Tentu saya sangat bersyukur dan tidak menyangka dari semua perusahaan yang saya apply  memberikan respon positif, tetapi saya buat nazar,  saya percaya perusahaan mana yang akan pertama kali menghubungi, itu yang akan saya pilih dan tentunya terbaik,” ungkapnya.

Seperti ceritanya diawal, Regina yang merupakan mahasiswi Communication – Marketing Communication dengan peminatan Corporate Communication, sangat tertarik dibidang retail dan FMCG sangat bertolak belakang dengan perusahaan yang latar belakang berasal dari Amerika Serikat, yang bergerak dalam bidang Human Resources (HR) yaitu Kelly Services Indonesia.

“Jadi perusahaan yang saya pilih, Kelly Services Indonesia merupakan salah satu perusahaan skala international dari Amerika Serikat, tidak hanya itu mereka juga mengembangkan sayapnya diberbagai mancanegara besar dan salah satunya ada di Indonesia. Namun tidak pernah punya pengalaman kerja dengan HR Perusahaan. Saya mulailah dengan googling tentang “Bekerja di Perusahaan HR” dan dari sana saya menantang diri saya sendiri untuk mengetahui cara kerja pemasaran di HR Company,” jelas Regina.

Regina menambahkan Kelly Services Indonesia bergerak dalam industri SDM, yang menyediakan tenaga kerja presisi yang komprehensif dan inovatif untuk spektrum industri yang luas termasuk FMCG, Layanan Keuangan, Farmasi,Kesehatan, IT, Telekomunikasi, Teknik, Ritel, Industri Ringan dan Manufaktur baik dari dalam dan luar negeri. Tentu menjadi hal yang tidak terduga sebelumnya bagi Regina, mendapat kesempatan magang di perusahaan yang bergerak di bidang yang diinginkan dirinya sejak awal.

Pengalaman Selama Internship

Regina mengungkapkan melalui Internship di Kelly Services Indonesia begitu banyak kesempatan yang banyak dirinya peroleh dan kenangan berharga.

“Selama melewati proses magang, saya diberikan kepercayaan untuk bekerja dalam divisi pemasaran dari perusahaan, kemudian membuat konten dengan menggabungkan ide yang saya miliki dengan supervisor untuk mengembangkan Instagram Kelly, dari sana saya bisa mempelajari detail bagaimana mengeksekusi konten untuk sebuah perusahaan. Kemudian saya dipercayakan menangani event internal, bagaimana rasa kerja lembur bagi orang-orang, itu melelahkan tetapi bagi saya, ini adalah pengalaman baru di mana saya belajar tidak hanya tugas utama tanggung jawab tetapi saat-saat di mana saya dapat mengenal mereka lebih banyak,  dan kepuasan ketika saya dapat menyelesaikan pekerjaan dan mereka menyukainya,” jelasnya.

Selain itu dirinya juga mengingat semua pengalamannya bersama orang-orang hebat yang bersamanya selama internship. Tentu adanya bimbingan dari supervisor dan tim divisi, dan teman sesama anak magang, yang membuat dirinya semakin berkembang untuk lebih profesional.

“Saya sangat bersyukur melalui kesempatan magang di Kelly Services Indonesia,karena selama menajalani magang dengan waktu selama 5 bulan, saya bersama-sama dengan supervisor dan tim yang kompak, yang tentunya terasa sudah seperti keluarga baru. Mereka sangat supportif, dan profesional, saya banyak belajar dari mereka semua, saya membangun hubungan baik dengan semua karyawan selama jam kerja dan setelah jam kerja, dengan obrolan tentang kehidupan kerja, pribadi, meminta nasihat, dll. Dengan begitu saya mendapatkan teman baru yang tidak hanya di jam kantor tetapi juga setelah jam kerja.,” ungkapnya.

Hasil 5 Bulan Internship Merasa Lebih Upgrade

Salah satu hal besar yang membuat perubahan besar dalam dirinya, tentu dalam hal mengasah kemampuannya dalam komunikasi dalam bahasa inggris. Sebab perusahaan mewajibkan dirinya untuk ikut menggunakan berbahasa inggris dalam berinteraksi selama di kantor.

“Tentunya hal ini sangat saya syukuri, selama 5 bulan internship, saya merasakan banyak ter-upgrade dalam kemampuan komunikasi berbahasa inggris, sekarang semakin percaya diri lagi dari sebelumnya, karena jadi bahasa yang digunakan untuk sehari-hari di kantor, kemudian bertemu juga dengan karyawan expatriate asalnya dari berbagai negara seperti Jepang, India dan Singapore dari divisi yang berbeda,” jelas Regina.

Melalui kesempatan internship semakin mengubah cara pandang Regina dengan semakin terbuka terhadap dunia kerja dengan peluang menjadi career women kedepannya. Bagi dirinya 5 bulan magang sangat singkat, dirinya tidak hanya belajar tentang bagaimana seorang marketing bekerja di HR Company dan kemampuan komunikasi saja yang lebih baik. Hari-harinya  dipenuhi dengan pekerjaan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

“Setelah melalui semua, saya melihat semua itu butuh perjuangan, terus berusaha untuk jadi yang terbaik, kuncinya selalu dengan terus berusaha keras, punya time management dengan baik, dan tentukan target dalam hidup, dan selalu ikhlas, kamu akan bisa maju terus kedepan. Selain itu di dunia kerja nggak boleh ada baper karena itu akan menjadi boomerang buat kita, kemudian percaya dengan diri sendiri, dan harus mampu menempatkan diri,” ungkap Regina.

Melalui adanya Program (2+1) +1 Regina merasa ini lebih percaya diri dan bersyukur memiliki pengalaman profesional seperti magang karena penting dan bermanfaat bagi masa depan.

“Sebagai BINUSIAN saya sendiri merasakan dengan kesempatan besar yang diberikan kampus kepada kami untuk dapat mengeksplorasi diri lebih lagi, yang tentunya hal ini sebagai persiapan diawal yang terbuka lebar bagi mahasiswa dalam meniti karir kedepannya nanti, tidak hanya itu mahasiswa dari BINUS juga turut diperhitungkan dari perusahaan, seperti dari yang saya alami sendiri,” ungkapnya.

Diakhiri dengan pesan yang ingin Regina bagikan kepada generasi muda dengan Sometimes bad things happens in life but just believe that something big will come after that if u have faith in God. Also, always show the best version of yourself to others. Bahwa apapun hal yang terjadi dalam hidup, baik buruknya, percayalah bahwa sesuatu yang besar akan datang setelah itu jika kita terus percaya kepada Tuhan. Selain itu, untuk selalu tunjukkan versi terbaik dirimu kepada orang lain, bahwa kamu bisa melakukannya.