Pentingnya Adaptasi Teknologi dan Service Mindset bagi Bisnis di Era Industri 4.0

Jakarta, 27 Agustus 2020 – Teknologi adalah aspek utama dalam kehidupan manusia selama puluhan tahun kebelakang. Dalam dua dekade kebelakang, teknologi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Kemajuan teknologi berpengaruh besar pada sektor industri, dimana informasi dapat diakses dengan lebih cepat serta mentransformasi cara konsumen bertindak dan berinteraksi dalam pasar. Perubahan ini mendorong kebutuhan untuk bertransformasi dalam mengelola bisnis. Perusahaan dan organisasi harus mampu untuk terus beradaptasi. Kedua hal tersebut tentunya tidak dapat dicapai tanpa peran dari pengelola bisnis yang memiliki agility, keterampilan, dan keahlian dalam menghadapi perubahan industri.

Dalam menjawab tantangan industri di Era Digital dalam Industri 4.0 saat ini, BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan program studi Business Management. Program studi (prodi) Business Management adalah bagian dari BINUS Business School Undergraduated Program dan dirancang untuk menghadapi era globalisasi yang semakin ekspansif yang mendorong semakin berkembangnya bisnis jasa global, khususnya dalam bidang e-business dan supply chain. Prodi ini tersedia di Kampus@Bekasi. Prodi Business Management turut membekali mahasiswa untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan manajemen bisnis termasuk bisnis-bisnis yang berbasis online (e-commerce/e-business), kemampuan kewirausahaan, teknologi informasi dan komunikasi, internasionalisasi, service business dan supply chain (logistik).

Pembekalan ilmu pengetahuan dan keterampilan tersebut diimplementasikan dalam berbagai mata kuliah yang tersedia, antara lain Service Operation Management, Industrial and Organization Psychology, Service Marketing Management, Design Thinking in Business, Business Analytics, Strategic Management Fundamental, Current Issue in Business and Technology, dan mata kuliah-mata kuliah manajerian lainnya. Selain itu, BINUSIAN turut dibekali dengan mata kuliah kewirausahaan, keterampilan bahasa, serta pendidikan karakter melalui mata kuliah Indonesian, English for Business Presentation, English for Written Business Communication, Entrepreneurship, dan Character Building Pancasila, Kewarganegaraan, serta Agama. Prodi ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT dan asosiasi internasional sekolah bisnis (AACSB) serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti Computer Lab, Modern Classroom, Creative Class, Digital Library, dan berbagai fasilitas lainnya

Setelah mengikuti pembelajaran di kampus, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program yang dirancang untuk mempekaya wawasan dan menambah pengalaman BINUSIAN dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, maupun berwirausaha. Program ini dijalankan selama dua semester. Setelah lulus dari BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN prodi Business Management dapat menempuh berbagai prospek karier menjadi manajer di berbagai Perusahaan (E-Commerce, Telekomunikasi, Logistik/supply chain, Transportasi, Finansial, hospitality, manufaktur, dll.) sebagai Staff/Analyst/Officer/Manager: Business Development, Logistik, Procurement, Supply Chain, Content Development, Commercial, Operation, Human Resources, dsb, serta mendirikan start-up (service provider atau servpreneur). Di masa depan, pembelajaran yang didapatkan dari prodi Business Management BINUS UNIVERSITY diharapkan dapat menjadi pemimpin perusahaan yang sustainable dan selalu mampu untuk berinovasi serta bertransformasi.