Jakarta, 25 Agustus 2020 – Transformasi merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan oleh berbagai sektor industri pada era digital dalam Industri 4.0 saat ini. Salah satu industri yang paling terdampak dengan kemajuan teknologi dalam era digital ini adalah industri perhotelan. Pelaku industri hotel harus dapat beradaptasi dengan pesaing baru yang memanfaatkan teknologi dalam melayani pelanggan. Bila tidak, mereka akan gugur dengan sendirinya (Isna, 2018). Pengelolaan dalam dunia perhotelan pun harus disesuaikan dengan perkembangan industri dan segala keputusan yang diambil harus dapat mendukung keunggulan dalam bersaing.

Kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) yang siap menghadapi perubahan dalam industri perhotelan serta dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi tanpa melupakan kearifan lokal akan semakin meningkat. Dalam menjawab tantangan akan kebutuhan SDM yang mampu mengelola hotel sesuai dengan tuntutan di era digital, BINUS UNIVERSITY menghadirkan program studi (prodi) Business Hotel Management (BHM). Program diploma yang adalah bagian dari Faculty of Economics and Communication BINUS UNIVERSITY ini berfokus pada pengelolaan perhotelan di bidang ilmu gastronomi yang relevan serta mempersiapkan BINUSIAN menjadi entrepreneur di bidang kuliner.

Prodi BHM BINUS UNIVERSITY tersedia di kampus BINUS@Bekasi dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti Cuisine Laboratory, Cooking Studio, Café du Monde, dan berbagai fasilitas lainnya. Dalam membekali BINUSIAN dengan kompetensi terbaik di dunia perhotelan, BINUS UNIVERSITY telah menghadirkan berbagai mata kuliah yang sesuai antara lain Introduction to Hospitality, Introduction to Tourism, Workplace, Hygiene, Safety and Security for Hospitality, Introduction to Food Production, Principle of Accounting and Finance in Hospitality, Food and Beverage Service Operation, Consumer Behavior in Hospitality, Service Management, Kitchen Operation, Introduction to Pastry and Bakery, dan masih banyak lagi.

Selain mata kuliah yang terkait dengan industri perhotelan, BINUSIAN prodi BHM juga dibekali dengan mata kuliah yang memperkaya wawasan bahasa, karakter, dan juga keterampilan wirausahanya. Mata kuliah-mata kuliah tersebut antara lain, English in Focus, English for Written Business Communication, English for Business Presentation, Indonesian, Entrepreneurship: Ideation, Entrepreneurship: Market Validation, Character Building Pancasila, Kewarganegaraan, serta Agama. Prodi BHM juga menghadirkan pembelajaran yang lebih terfokus dengan menawarkan dua peminatan yakni, Culinary Art yang lebih berfokus pada aspek kuliner dan Hotel Business yang lebih berfokus pada aspek manajerial perhotelan.

Setelah mengikuti perkuliahan selama dua tahun di kampus, BINUSIAN akan mengikuti Enrichment Program dimana BINUSIAN berkesempatan untuk memperkaya wawasan dan menambah pengalaman dalam bekerja langsung di lapangan, baik itu di perusahaan, komunitas, maupun dalam menjadi entrepreneur. Setelah menyelesaikan Final Project dan lulus dari BINUS UNIVERSITY, BINUSIAN dapat menempuh berbagai pilihan prospek karier seperti Accommodation Manager, Catering Manager, Event Manager, Hotel Manager, Public House Manager, Restaurant Manager, Accommodation Business Owner, Restaurant Owner, Chef, Celebrity Chef, Cake Specialist, Food Stylist, Foodpreneur, Cooking Instructor, Airlines and Cruises Team, dan lain lain. Dalam menempuh karier, BINUSIAN diharapkan dapat berkarya secara inovatif dan berani mengambil peluang serta menjawab tantangan industri perhotelan di era Industri 4.0.