Temu Usaha 2022 “Learn the Success Pattern”

 

Bandung, 14  Desember 2022– Mempelajari kemampuan untuk menjalani bisnis guna mencapai kesuksesan, merupakan suatu keharusan bagi mereka yang ingin mencapai kesuksesan. Hal ini sangat disadari oleh para mahasiswa, alumni, dosen dan pimpinan prodi Creativepreneurship Binus @Bandung. Suatu ajang temu usaha yang diusung dengan tema “learn the Success Pattern” telah dengan sukses diselenggarakan pada Kamis, 8 Desember 2022. Temu usaha ini merupakan suatu ajang tahunan yang diadakan oleh prodi Creativepreneurship. Pada temu usaha kali ini, para mahasiswa dari semester 5 mengikuti kegiatan ini untuk melatih kemampuan mereka melakukan presentasi bisnis, atau yang dikenal dengan Business Pitch. Para mahasiswa yang telah menjalankan bisnisnya, pada ajang ini diberikan kesempatan untuk menunjukan prospek bisnisnya kepada para tamu undangan, sekaligus juga untuk mendapatkan masukan-masukan penting terkait bagaimana mengembangkan dan menginovasi bisnisnya untuk kedepannya.

Sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, temu usaha kali ini melibatkan juga para alumni prodi Creativepreneurship, yang tentunya telah berhasil dan konsisten menjalankan bisnisnya. Menurut Bapak Rudy Aryanto, keterlibatan alumni dan mengundang kembali alumni untuk hadir di acara temu usaha ini, adalah suatu hal yang baik dimana para alumni ini bisa menjadi contoh bagaimana suatu konsistensi dan komitment menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis. para mahasiswa juga dapat belajar secara langsung mengenai tips-tips sukses baik dari para alumni maupun para pebisnis lainnya yang hadir, sesuai dengan topik temu usaha kali ini yaitu learn the success pattern. Diharapkan para mahasiswa dapat mempelajari dan belajar pola-pola kesuksesan dari tamu undangan (pengusaha dan alumni).

Total terdapat 17 (tujuh belas bisnis) mahasiswa mengikuti kegiatan temu usaha ini, yaitu

  1. Bellinda (Gamis fashion wanita yang menawan, memberi kesan mewah serta nyaman dikenakan)
  2. Cromwell (High quality fashion dan aksesoris dengan ciri khas warna-warna pastel)
  3. Tadjumawa (Daily outfit berkonsep semiformal-casual dengan spesialisasi pada motif tartan yang menjadikan penampilan simple terlihat lebih eye catching)
  4. co (Motorcycle apparel Streetwear dengan desain yang limited dan nyaman dikenakan)
  5. Merch&Mix (Kaos berkualitas dan merchandise dengan tema “A mix of casual and a hint of streetwear
  6. Sablon 184 (Spesialis sablon kaos dengan metode digital printing yang menghasilkan produk sablon dengan kualitas dan warna yang akurat serta tahan lama)
  7. Snap Button (Sandal kekinian dengan inovasi “Swappable Upper” yang berguna untuk mengubah model dan desain upper sesuai dengan keinginan customer)
  8. Dainty Craft (Aksesoris dan pembungkus handphone yang trendy dan lucu)
  9. Nitro Ventura(Nitro Coffee dan Nitro Tea dengan “suasana” baru, coffee shop dengan bar yang unik berciri British Pub)​
  10. Caritea (teh nusantara dengan sentuhan khas yang kreatif)
  11. Mix Eat Me (36 varian dessert dengan bahan-bahan berkualitas dan rasa yang enak)
  12. Queso! (Beragama sajian dengan ciri khas utamanya adalah menggunakan keju)
  13. Nyasap (Rice bowl dengan varian rasa bernuansa Asia, dilengkapi dengan topping daging ayam dan sapi, serta porsi yang lebih besar)
  14. Pempek Sreg (pempek tulen khas Palembang dengan ikan tenggiri asli diolah dengan resep turun temurun)
  15. On Your Bowl (Makanan cepat saji dengan bahan segar dan berkualitas dengan ciri khas sauce creamy mushroom)
  16. Hastara (Produk makanan pelengkap dengan cita rasa khas nusantara, nikmat dikonsumsi serta praktis)
  17. Real Essence (Essential oil asli dengan kualitas yang baik dari perkebunan Indonesia)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ke-tujuhbelas bisnis ini telah melalui tahapan seleksi yang ketat sebelum mengikuti kegiatan temu usaha 2022. Bisnis yang lulus seleksi ini dianggap memiliki suatu ciri khas tersendiri dan dinilai cukup memiliki daya juang dalam menjalankan bisnis disituasi dan kondisi yang tidak mudah.

Pada moment ini juga, sebagai bentuk apresiasi kepada alumni yang konsisten menjalankan bisnis, Prodi Creativepreneurship memberikan penghargaan kepada 2 (dua) orang alumninya yaitu: Thania Fardha Yughni dengan bisnis perawatan sepatu dan tas “TF Cleaners” dan Muhammad Farhan Arvianto yang memiliki beberapa bisnis yaitu The portrait place, RagaRoso, Ragatech, BogaBeras dan Swaramas. Keduanya dinilai menginspirasi bagi sesama alumni dan mahasiswa untuk tetap semangat menjalankan bisnisnya, terus melakukan innovasi dan konsisten untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan (sustainable business). Penghargaan ini diharapkan dapat memicu semangat para alumni untuk terus berkarya melalui bisnisnya.

Penyelenggaraan temu usaha 2022 telah berjalan dengan sukses dan lancar, dimana peserta dan tamu undangan (pengusaha & alumni) dapat berinteraksi dengan baik melalui pitching session yang dilakukan sambil menyantap aneka sajian makan siang. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman baru yang dapat meningkatkan soft skill mahasiswa prodi Creativepreneurship yang menunjang keberhasilan bisnisnya.