Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi sangat berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan. Tidak hanya sektor kesehatan, sektor ekonomi juga menjadi salah satu sektor yang paling parah karena adanya pandemi. Era pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini telah banyak menghancurkan bisnis-bisnis yang ada. Menyadari karena adanya Pandemi Covid-19 sekarang banyak pebisnis yang melakukan strategi Digital Marketing untuk bisa bertahan di masa pandemi Covid-19 ini. Digital Marketing merupakan pemasaran atau promosi yang dilakukan oleh internet atau perangkat elektronik, seperti Social Media, website.  

 

Beberapa Kelebihan Digital Marketing Selama Masa Pandemi 

  1. Sebagian besar waktu dari masyarakat Indonesia digunakan untuk melihat media sosial
    Pandemi Covid-9 telah mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan diluar rumah. Maka karena itu, saat ini seluruh kegiatan dilakukan secara online mulai dari kegiatan belajar, bekerja, berbelanja, dan lain-lain. Pada kondisi saat ini pemanfaatan digital marketing sangat bermanfaat bagi menunjang kegiatan mobilitas yang dilakukan sehari-hari oleh masyarakat. Hal ini sangat berguna agar dapat menjangkau pengguna internet secara lebih luas.  
  2. Biaya Pemasaran Digital Jauh Lebih Hemat Biaya 
    Di masa pandemi seperti saat ini tingkat perkembangan ekonomi di Indonesia mengalami penurunan secara signifikan yang mana berdampak terhadap tingkat pendapatan usaha, maka dari itu anggaran pemasaran yang dimiliki harus bisa dipergunakan seefektif mungkin. Pemasaran digital sendiri jauh lebih hemat biaya dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Selain itu, pemasaran digital juga dapat menjangkau target market secara luas dan tepat sasaran. 

Beberapa contoh Strategi Digital Marketing 

  1. Search Engine Optimization (SEO)
    SEO merupakan strategi untuk meningkatkan visibilitas website di halaman mesin pencari Google. Saat ini sebagian besar pengguna internet akan menggunakan Google sebagai tempat pencarian. Dengan melakukan strategi SEO maka website usaha bisa mendapatkan peringkat yang tinggi di Google sehingga membuka peluang besar untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. 
  1. Media Sosial Marketing
    Selama masa pandemi tingkat penggunaan media sosial meningkat tajam karena kebanyakan orang melakukan aktivitasnya dirumah. Melihat tren penggunaan media sosial di masa pandemi ini, pemilik bisnis dan marketing seharusnya dapat menjadikannya sebagai peluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru agar bisa meningkatkan omset penjualannya dengan efektif 

Pada masa pandemi ini, orang-orang banyak melakukan kegiatan secara online, jadi buatlah konten – konten digital marketing dengan strategi yang telah kita ungkap di atas. Konten yang kreatif dan menarik ini bisa membuat calon konsumen tertarik dan ingin membeli produk yang kita tawarkan (Altikriti, Kurniawan, Daniel).