source: detectview

Merenovasi kamar mandi merupakan tugas yang cukup sulit karena melibatkan banyak elemen seperti ubin, dinding, wastafel, shower, dan elemen lainnya. Meski semua tergantung kebutuhan Anda, masih banyak aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum implementasi.

Kamar mandi merupakan ruangan penting bagi penghuni rumah. Tempat membersihkan diri, apa atau dimana air dan kotorannya. Jika terjadi kesalahan di kamar mandi, sangat sulit untuk berfungsi di rumah.

Jika Anda membeli rumah tua, renovasi kamar mandi bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat tempat tersebut nyaman. Namun, karena ruangan ini berbeda dari yang lain, Anda harus memperhatikan banyak elemen, seperti masalah teknis dan penganggaran.

 source:adseneca.com

Kondisi kamar mandi sebaiknya dicek dengan mengecek kran, saluran air toilet dan pipa saluran air. Buka keran selama beberapa menit, periksa keadaan air dan lihat saluran pembuangannya.

Jika air mengalir dengan sangat baik dalam kondisi jernih dan lubang drainase tidak mampet, berarti tidak banyak yang perlu direnovasi. Kebocoran kamar mandi besar dapat terjadi ketika saluran pembuangan atau keran rusak. Mempelajari kondisi gerabah dan fungsi elemen yang dikandungnya juga mempengaruhi seberapa banyak perubahan yang perlu dilakukan.

Perubahan selanjutnya juga dipengaruhi oleh kondisi kamar mandi dari segi bentuk, bahan konstruksi, pencahayaan dan faktor lainnya. Inspirasi desain bisa didapatkan dari beberapa sumber seperti Pinterest, namun Anda juga harus melihat bentuk dan pencahayaan kamar mandi agar hasilnya tidak mengecewakan.

Nasihat dari orang-orang yang paham tentang desain interior dan konstruksi rumah bisa sangat membantu dalam brainstorming ide untuk memperlancar prosesnya.

source: homeanddecor.com

Merenovasi kamar mandi menjadi lebih estetik memang bagus,namun sayang jika kamar mandi tersebut akhirnya tidak berfungsidengan baik, dan ada beberapa hal diawal yang harus di perhatikan yaitu:

  1. Perawatan

Membuat hidup lebih mudah bagi penghuninya dalam jangka panjang. Pastikan kamar mandi Anda tidak memakan biaya perawatan yang mahal hanya demi estetika. Prioritaskan tujuan kamar mandi menurut penghuninya lalu pilih desain yang sesuai dengan kamar mandi Anda. Pilih bahan yang mudah dirawat, tidak licin, dan berkualitas tinggi.

  1. Hemat Energi

Kamar mandi yang hemat energi memudahkan penghuninya membayar tagihan listrik. Misalnya, Anda bisa menutup atap kamar mandi dengan kaca buram sehingga bisa membiarkan cahaya masuk ke kamar mandi di siang hari.

  1. Kamar Mandi yg Sehat

Air membuat benda basah, membuatnya rentan terhadap pembusukan dan jamur. Ingat baik-baik bahwa kamar mandi adalah tempat yang lembab, pastikan ventilasi yang cukup agar dinding dan lantai tidak basah terlalu lama.

Ada beberapa pertanyaan yang harus bisa terjawab seputar kamar mandi agar tetap fungsional, seperti, Siapa yang akan menggunakan kamar mandi? Berapa banyak yang akan menggunakan kamar mandi? Bagian mana yang ingin Anda ganti dan bagian mana yang ingin Anda pertahankan? Pertanyaan seperti ini membantu Anda merencanakan tata letak, desain, dan fungsionalitas untuk kamar mandi Anda yang telah direnovasi dan merupakan langkah pertama dari keseluruhan proses.

source: rumahcor.com

Terakhir adalah anggaran uang yang perlu Anda persiapkan, sedangkan biaya adalah jumlah nominal yang akandigunakan untuk renovasi kamar mandi tersebut. Upayakan agar biaya merombak kamar mandi tidak lebih besar dari anggaran.

  • Tetapkan tujuan realistis
  • Hitung estimasi biaya
  • Biaya tidak terduga

Merombak kamar mandi secara menyeluruh atau tidak, sebenarnya tergantung kondisi dan kebutuhan Anda. Aspek lain tentunya juga perlu diperhatikan seperti kondisi rumah, kelembaban udara, serta syarat rumah yang sehat.