Dunia digital semakin hari semakin berkembang dengan pesat, terlebih pemilik facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa Facebook akan menjadi sebuah metaverse. Metaverse secara gampang yaitu adalah dunia digital yang di dalamnya kita bisa berinteraksi satu dengan yang lainnya, bahkan kita bisa bertransaksi menggunakan koin yang disediakan oleh metaverse. Apabila anda pernah menonton film ”Ready Player One”, mungkin kurang lebih akan seperti itu, di mana kita sebagai pemain bisa berpetualang di dunia digital dan menambah teman. Sebelum dari kabar berita mengenai metaverse, mungkin kita sering dengar uang kripto, yaitu mata uang berbentuk digital yang bisa kita perjual belikan dengan mata uang yang nyata, untuk mendapatkan uang kripto kita bisa membelinya langsung pada penyedia dan juga kita dapat melakukan mining untuk mendapatkan mata uang kripto yang jenisnya sudah banyak sekali dengan harga yang variable. Bagi penggemar karya seni di dalam dunia digital sedang ramai dibicarakan NFT (Nonfungible Tokens), yaitu sebuah aset karya seni digital yang bisa kita perjual belikan dengan mata uang kripto yang berada di dunia digital, banyaknya desair grafis yang mulai berpindah haluan dari dunia manual menjadi dunia digital karena mungkin lebih menguntungkan apabila karyanya dijual belikan dalam dunia digital.

Gambar 1. NFT Cryptopunk #7523 yang berharga $11.75 million

Bagi desainer interior maupun arsitektur menjadi sebuah lahan baru untuk mendapatkan keuntungan karena adanya rumor dunia baru berarti dibutuhkan juga hunian digital di dalam dunia tersebut. Apabila kita pernah bermain simulasi membangun rumah seperti dalam permainan “The Sims” yang permainannya dan telah dimainkan lebih dari 33 juta pemain, kita dapat mendekorasi rumah dari lahan kosong menjadi sebuah hunian. Selain itu, kita dapat mengatur perabotan di dalam rumah tersebut yang menjadi salah satu profesi bagi desainer interior. Pembuatan furniture yang unik mungkin saja kita dapat membuatnya dan menjadi salah satu NFT yang dapat kita jual dan mendapatkan keuntungan dan ketenaran.

Apabila kita lihat banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapat dari dunia digital ini, akan tetapi apabila ditinjau lebih dalam butuh banyak pengorbanan, terutama dari segi hardware dan kestabilan internet yang kita punya, selain memerlukan computer atau laptop untuk mengakses dunia digital tersebut, kita juga memerlukan sebuah penglihatan seperti menggunakan occulus yang menyerupai kacamata yang biasanya kita gunakan untuk melihat dunia VR (Virtual Reality) yang harganya tidak murah.

Gambar 2. Salah satu NFT interior dan arsitek oleh Krista Kim

 

Pencurian data asset masih menjadi hal yang menakutkan bagi para pengguna digital ini, mulai dari awal terbentuknya mata uang kripto sudah banyak terjadi pencurian, bila dilihat dari karya NFT yang Sebagian besar berupa gambar dengan secara gampang para pencuri untuk mengambilnya. Meskipun sulit akan tetapi masih banyak sekali yang masih bergelut dibidang tersebut, mungkin salah satu cara agar terhindar dari permasalahan pencurian kita bisa bergabung dengan komunitas para pembuat NFT baik lokal maupun internasional, karna banyak yang dapat mendukung dan menghargai karyanya.

Penulis: Riono A Abdullah, dosen Desain Interior Binus@Bandung