Profesi Social Media Specialist hampir sama dengan Public Relations. Namun perbedaannya adalah jika seorang Public Relation bertugas untuk mempromosikan suatu produk perusahaan melalui offline dan melakukan kerjasama dengan media-media, namun seorang Social Media Specialist bekerja mempromosikan produk melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dll.

Berikut ini beberapa tugas yang dikerjakan oleh Social Media Specialist, yaitu:

  1. mengelola seluruh media sosial perusahaan
  2. membangun hubungan baik dengan pelanggan
  3. melakukan branding produk
  4. membangun personal connection
  5. mengupload gambar dan video pada media sosial
  6. menuliskan caption yang menarik pelanggan
  7. membalas komentar-komentar di media sosial
  8. melakukan riset pasar agar apa yang diunggah sesuai dengan tren dan sesuai dengan keinginan pelanggan

Di era digital ini, media sosial menjadi platform yang sangat berguna untuk mendapatkan konsumen baru. Maka dari itu, seorang Social Media Specialist harus siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan konsumen melalui media sosial. Memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk perusahaan adalah hal yang wajib dimiliki oleh Social Media Specialist. Dan terakhir, seorang Social Media Specialist harus memiliki kemampuan Analisa yang kuat mengenai trend dan keinginan konsumen serta memiliki daya kreatifitas yang tinggi.