Alumni Profile - Claresta Constantine

Claresta Constantine, saat ini bekerja sebagai Brand Manager di Danone Indonesia, merupakan seorang alumni BINUS University angkatan 2015 (Binusian 2019). Ia menempuh perjalanan akademik di jurusan Food Technology BINUS University Alam Sutera pada tahun 2015-2019, dimana pengetahuan dan keahliannya di bidang pangan mulai berkembang.

Pengalaman Pendidikan dan Kontribusi BINUS University dalam Kesuksesan dalam Karir.


         Pengalaman Claresta di BINUS University tidak hanya luar biasa, tetapi juga telah mengubah arah hidup dan menetapkan fondasi yang kokoh untuk masa depannya. Sejak SMA, Claresta telah memiliki mimpi besar untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, khususnya dalam mengatasi masalah stunting atau kekurangan gizi, sehingga mendorongnya untuk menimba ilmu di bidang Food Technology yang dapat membantu mewujudkan mimpi besarnya melalui inovasi pada bidang pangan. Meskipun pada awalnya terdapat keraguan untuk memilih BINUS University, namun dengan dukungan dari teman, keluarga, dan diskusi yang mendalam, Claresta akhirnya mantap memilih BINUS University yang didasari oleh keyakinan bahwa BINUS Univeristy merupakan institusi pendidikan swasta yang terkemuka, telah memiliki sejarah yang panjang, jaringan alumni yang luas, dan reputasi yang kokoh. Terlebih lagi, BINUS University dikenal erat dengan kekuatannya di bidang teknologi informasi dan dengan perkembangan digitalisasi yang pesat saat itu semakin meyakinkan Claresta untuk dapat memiliki peluang belajar yang tak ternilai seiring perkembangan zaman.

          Pengalaman di BINUS University bukan hanya tentang kurikulum yang unggul, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan keterampilan yang membawa manfaat dalam dunia kerja. Melalui mata kuliah dan kegiatan ekstrakurikuler, Claresta tidak hanya belajar tentang teori dan praktik seputar Food Technology, tetapi juga mengembangkan kemampuan kepemimpinan, empati, hingga keterampilan sosial. Dengan demikian, BINUS University tidak hanya menjadi tempat untuk belajar, tetapi juga menjadi tempat di mana Claresta menemukan panggung untuk mewujudkan mimpi dan ambisinya untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Jika ditanya tentang kontribusi BINUS University dalam kehidupan, pastinya Claresta akan dengan tulus menyatakan bahwa perguruan tinggi ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar.
         Salah satu aspek yang paling berharga adalah pembentukan karakter. Melalui mata kuliah "Character Building", Claresta telah diberikan kesempatan untuk mengasah kepemimpinan dan empati. Bagi Claresta, kemampuan untuk berempati sangatlah penting karena sejalan dengan mimpi dan tujuannya untuk memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. Dengan karakter yang kuat, Claresta yakin bahwa setiap tindakan dan usaha yang dilakukannya akan menjadi lebih tulus dan bermanfaat bagi masyarakat. Namun, kontribusi BINUS University tidak hanya terbatas pada pembentukan karakter, tetapi universitas ini juga menyediakan berbagai organsasi mahasiswa dan himpunan yang dapat diikuti. Melalui pengalaman ini, Claresta mengetahui bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melalui interaksi dengan sesama mahasiswa dan diskusi dalam organisasi yang turut mengembangkan berbagai soft skill berharga. Lebih dari sekadar pengalaman organisasi, partisipasi Claresta dalam berbagai kegiatan ini juga memberikan bekal berharga ketika ia melamar pekerjaan. Pengalaman tersebut menunjukkan kepada perekrut bahwa Claresta tidak hanya memiliki keahlian akademis, tetapi juga kemampuan untuk berkolaborasi, berkomunikasi, dan beradaptasi dalam lingkungan kerja yang dinamis. Maka, BINUS University bukan hanya tempat untuk mendapatkan gelar, tetapi juga tempat di mana Claresta menemukan peluang untuk tumbuh dan berkembang menjadi individu yang siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Pengalaman Berorganisasi Selama Berkuliah di BINUS University.

         Saat masih menjadi mahasiswa baru, Claresta Constantine mengikuti program Freshmen Enrichment Program (FEP) dimana terdapat pengenalan tentang berbagai organisasi mahasiswa di BINUS University. Salah satu organisasi yang menarik minat Claresta adalah International Marketing Community of Binus University (IMCB), dengan slogannya "Marketing is not all about selling” (Pemasaran bukan hanya tentang menjual), dimana ia pertama kali mendalami bidang pemasaran (marketing) yang menarik minatnya hingga saat ini. Di IMCB, Claresta belajar bahwa pemasaran bukanlah sekadar tentang menjual, tetapi juga tentang kreativitas dan rasionalitas. Pengalaman di IMCB tidak hanya memberikan Claresta wawasan tentang dunia pemasaran, tetapi juga mengasah keterampilan kepemimpinan, kerja tim, dan kemampuan berkomunikasi.
         Selain banyak belajar dari pengalaman berorganisasi, Claresta juga memiliki sudut pandang baru terhadap mimpinya dan menjadikannya melalui sesuatu yang lebih konkrit. Mimpinya untuk membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia dapat diwujudkan secara lebih konkrit melalui bidang marketing yang ia percaya dapat memiliki jangkauan dan cakupan lebih luas. Hal ini sejalan dengan karir yang ia jalani di Danone, sesuai dengan misi perusahaan untuk "bringing health through food to as many people as possible" (membawa kesehatan melalui makanan kepada sebanyak mungkin orang).

Cerita atau Pengalaman Inspiratif Selama Perjalanan Karir.

         Salah satu momen inspiratif yang pernah dimiliki Claresta adalah saat ia mengikuti program magang di sebuah perusahaan besar yang bergerak dalam industri tembakau yang menekankan pada kesempatan mencari pengalaman di perusahaan fast pace dan international exprerience. Berawal dari rasa penasaran untuk mencoba program magang tersebut dan melalui proses seleksi yang ketat, Claresta termasuk dalam 30 orang yang berhasil terpilih dari 17 ribu pelamar lainnya.
         Dengan kebetulan, Claresta ditempatkan di divisi marketing sesuai dengan minat nya. Selain dapat mendalami pengalaman pembelajaran tentang pemasaran, Claresta juga terinspirasi akan terdapatnya banyak  perempuan yang menduduki posisi kepemimpinan di perusahaan tersebut. Meskipun banyak stigma yang mengatakan bahwa perempuan tidak seharusnya mengambil peran karir yang terlalu tinggi, tetapi nyatanya hal tersebut dapat dicapai. Pengalaman ini meninggalkan kesan mendalam bagi Claresta, yang memperkuat tekadnya untuk tetap berkarir di bidang marketing, terlebih di perusahaan yang visi dan misinya sejalan dengan nilai-nilai dan impian pribadinya.

Latar Belakang Pekerjaan dan Lama Bekerja di Perusahaan Saat Ini.

         Saat ini, Claresta menjabat sebagai Brand Manager SGM di Danone. Perjalanan karirnya dimulai sejak 2019 sebagai seorang Management Trainee (MT), sebuah program fast track yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memperoleh jenjang karir yang cepat dan berkualitas untuk mempersiapkan individu menjadi pemimpin perusahaan di masa depan. Melalui serangkaian tahap seleksi seperti wawancara, diskusi kelompok, dan studi kasus, Claresta berhasil diterima tepat sebelum Ia wisuda. Program MT di Danone berjalan selama 3 tahun dan tepat disaat lulus, Claresta berhasil menduduki posisi manajerial, berdasarkan pencapaian dan kerja kerasnya. Hal ini menunjukkan prestasi luar biasa Claresta dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada dalam perjalanan karirnya di Danone.
         Danone Indonesia memiliki dua lini bisnis utama yang bergerak di bidang air minum dan nutrisi. Claresta memiliki kesempatan untuk ditempatkan untuk pemasaran produk nutrisi, yaitu susu pertumbuhan dengan brand SGM. Sebagai seorang profesional yang bergerak di bidang marketing, Claresta tidak hanya memiliki tanggung jawab untuk memasarkan produk kepada konsumen, tetapi juga membawa nilai-nilai yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan dan brand itu sendiri. Sebagai produk asli warisan Indonesia, SGM berkomitmen untuk selalu menyediakan nutrisi yang dapat diakses dan terjangkau oleh seluruh orang Indonesia sehingga tidak ada satupun dari mereka yang tertinggal (”providing accessible nutrition for everyone, so no child is left behind”). Hal ini memiliki arti bahwa setiap anak atau individu berhak mendapatkan nutrisi yang cukup, tanpa memandang latar belakang atau kondisi mereka. Sehari-hari, Claresta fokus untuk membangun dan mengembangkan susu pertumbuhan SGM agar dapat menghadirkan nilai-nilai ini kepada setiap anak Indonesia dan memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Ini merupakan tugas yang sangat berarti dan penting dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan mencapai visi yang diemban oleh Danone sendiri.

Mentor atau Tokoh yang Berpengaruh dalam Karir.
         Claresta memiliki seorang mentor yang juga merupakan seorang pemimpin di kantornya. Bagi Claresta, mentor ini adalah sosok yang sangat inspiratif, terlebih sebagai seorang perempuan yang sangat kuat menjalani peran sebagai pemimpin dan ibu. Dalam kehidupan karir dan kesehariannya, ia selalu memiliki tujuan yang jelas dan mampu mengarahkan tim nya untuk dapat mencapai tujuan itu bersama-sama, terlepas dari perannya yang seimbang dalam membagi waktu dengan sangat efisien antara karir dan keluarga. Terlebih, ia sangat menjadi sosok yang begitu inspiratif bagi Claresta karena sikapnya yang selalu penuh semangat dan profesionalisme setiap kali berada di kantor, meskipun memiliki tanggung jawab yang besar dan ambisi yang tinggi untuk mencapai tujuan dan pencapaian bisnis. Kehadirannya yang positif dan dedikasinya yang luar biasa terhadap pekerjaan membuat mentor ini menjadi teladan bagi Claresta, memberikan motivasi tambahan untuk mengejar impian dan meraih kesuksesan dalam karirnya seiring memiliki peran dalam membangun keluarga kecilnya sendiri.

Cara Mengatasi Tantangan atau Hambatan dalam Perjalanan Karir.

         Ketika berbicara tentang tantangan dan kesulitan, Claresta percaya bahwa setiap hal yang ia alami tersebut adalah kesempatan untuk tumbuh dan meningkatkan diri. Bagi Claresta, menghadapi tantangan adalah peluang untuk menjadi seorang pribadi yang lebih baik. Sebagai contoh, selama menjalani program MT, ada masa dimana Claresta merasa bahwa program tersebut berat dan berbeda dengan kondisi saat kuliah. Awalnya, sempat ada perasaan ragu di hati Claresta mengenai apakah ia mampu bekerja secara profesional, namun ia menyadari bahwa hal itulah yang justru membawanya untuk posisi saat ini. Ketika menghadapi tantangan yang belum dapat ia selesaikan sendiri, Claresta akan berkomunikasi dengan mentor atau atasan tentang tantangan yang dihadapi serta jenis dukungan yang ia butuhkan. Melalui komunikasi yang baik, Claresta percaya bahwa ia dapat memperoleh masukan dan saran untuk menemukan solusi terbaik dalam mengatasi hambatan yang dihadapi. Dengan pendekatan ini, Claresta mampu menghadapi setiap tantangan dengan lebih percaya diri dan efektif, serta terus berkembang dalam karirnya.

Harapan atau Tujuan Masa Depan yang Ingin Dicapai dalam Karir dan Kehidupan Pribadi.
         Kedepannya, Claresta tetap ingin terus berkarya, baik itu di dalam sebuah perusahaan maupun sebagai seorang wirausahawan (enterpreneur). Bagi Claresta, hal yang terpenting adalah memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi dalam memberikan dampak positif dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Di sisi lain, Claresta juga menginginkan keseimbangan antara kehidupan profesional dan kehidupan pribadi. Baginya, keluarga adalah landasan utama dalam hidup, dan ia percaya bahwa memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan waktu bersama keluarga adalah kunci untuk membangun keluarga yang bahagia dan sehat. Claresta yakin bahwa dengan menjaga keseimbangan ini, ia akan mampu memberikan dampak positif tidak hanya bagi karirnya, tetapi juga bagi keluarganya dan masyarakat di sekitarnya. Claresta juga memiliki harapan untuk membangun generasi yang lebih baik di masa depan sehingga mereka dapat menjadi pemimpin yang tangguh dan berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. Dengan keyakinan ini, Claresta berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan generasi masa depan yang lebih baik.

Hobi dan Minat yang Disukai.
         Hobi utama Claresta adalah travelling. Tetapi, ia menyadari karena kesibukannya sehari-hari, ia tidak bisa melakukan hobi tersebut setiap saat. Oleh karena itu, sebagai pengganti, Claresta dan suami menemukan cara untuk tetap menikmati waktu bersama dengan mengeksplorasi tempat-tempat baru di sekitar mereka. Mereka suka menikmati cafe atau restoran baru yang menawarkan pengalaman unik dalam menikmati waktu luang mereka berdua. Kegiatan ini juga menjadi cara yang sempurna bagi Claresta dan suami untuk melepas penat setelah menjalani hari yang sibuk, sambil tetap menciptakan momen berharga bersama.

Cara Membagi Waktu untuk Karir dan Keluarga.
         Dalam mengelola waktu, Claresta memiliki dua kunci utama yang sangat penting baginya. Pertama, disiplin waktu. Claresta percaya bahwa dengan membuat jadwal yang terstruktur, ia dapat mengalokasikan waktu dengan baik antara pekerjaan dan keluarga. Penting bagi Claresta untuk memiliki batas yang jelas antara waktu bekerja untuk mewujudkan waktu bersama keluarga. Oleh karena itu, ia memprioritaskan untuk menjaga disiplin dalam menjalankan jadwalnya.
         Kedua, komunikasi. Claresta selalu berkomunikasi dengan suami dan keluarga karena ia menyadari bahwa dalam kehidupan sehari-hari, mungkin akan ada situasi tak terduga yang timbul. Oleh karena itu, komunikasi yang terbuka dan jujur ??sangat penting dalam memastikan bahwa semua pihak terlibat memahami dan mendukung satu sama lain. Dengan berkomunikasi secara efektif, Claresta dapat menangani perubahan yang mungkin terjadi dengan lebih baik dan memastikan bahwa kebutuhan dan keinginan semua pihak dipertimbangkan.

Pesan untuk Binusian.

         Terima kasih BINUS University atas pengalaman yang mengubah hidup saya. Saya tidak akan berada di tempat ini hari ini jika tidak berkuliah di BINUS University. Untuk adik-adik mahasiswa dan teman-teman yang masih berjuang di luar sana, saya ingin menyampaikan pesan bahwa percayalah dan teruslah berusaha. Setiap usaha yang kita lakukan tidak akan sia-sia. Ketika kita merasa mengalami tekanan, tantangan atau kebingungan dengan arah hidup, percayalah bahwa kita sedang mempersiapkan jalan ke depan. Jadi, jangan pernah menyerah pada mimpi yang kita miliki, apa pun itu. Teruslah berjuang, karena setiap langkah kita membawa kita lebih dekat kepada impian kita.

Apakah bangga menjadi alumni BINUS University dan apakah Claresta merekomendasikan BINUS University untuk calon mahasiswa?

         Tentunya, sebagai alumni BINUS University, Claresta merasa bangga telah menjadi bagian dari institusi tersebut. Bagi adik-adik yang sedang mencari universitas, BINUS University bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat baik. BINUS University tidak hanya memberikan pendidikan di bidang yang dipilih, tetapi juga menyediakan wawasan yang luas dan relevan untuk dunia nyata. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memilih jurusan yang sesuai minat dan bakat rekan-rekan. Dengan bekal yang diberikan oleh BINUS University, rekan-rekan akan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan dan mengambil langkah-langkah menuju kesuksesan.

Kalimat atau Harapan untuk BINUS University.
         Terus maju BINUS University untuk menciptakan alumni-alumni yang sangat berkualitas di market place agar nantinya semua alumni tersebut dapat berkontribusi untuk Indonesia yang lebih maju.