[Karir] Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Empat tips untuk meningkatkan kemungkinan lolosnya kamu dalam wawancara pekerjaan:

1.Cari informasi tentang perusahaan
Coba cari tahu segala hal tentang perusahaan yang akan kamu masuki, khususnya yang berkaitan dengan departemen sasaranmu. Jika jawaban dari wawancaramu bisa dikaitkan dengan kondisi perusahaan, pasti itu akan menjadi nilai plus bagimu. Selain itu, jika kamu bertanya tentang hal yang berkaitan langsung dengan perusahaan, pewawancara akan menilai kamu peduli dengan kondisi perusahaan.

2.Perhatikan penampilan
Tina Seelig, penulis dan orang yang berpengalaman dalam mewawancara calon pekerja, mengatakan bahwa impresi yang kamu berikan pada 90 detik pertama wawancara sangatlah menentukan. Maka, pastikan perhatian pewawancara pada resume-mu tidak akan terganggu oleh kukumu yang panjang dan hitam. (Coba lihat foto yang ada di bagian atas artikel. Menurut kamu, apakah penampilan kedua orang yang melamar pekerjaan sudah tepat?)

Kamu tidak harus ganteng atau cantik, yang penting rapi. Menyemir sepatu sampai mengilap tentu akan menambah bagus penampilanmu. Sebelum masuk ruang tunggu wawancara, cek dulu rapinya baju dan rambutmu. Siapkan permen menthol agar nafasmu selalu segar. Saat berjabat tangan, berikan jabatan yang mantap. Jangan lupa untuk mematikan telepon genggam-mu agar ia tak berdering ditengah wawancara.

3.Persiapan lainnya
Masih berkaitan dengan impresi, kamu harus menjaga fisik menjelang hari wawancara. Setidaknya, tidurlah yang cukup pada malam sebelum wawancara agar kamu terlihat segar pada saat hari yang menentukan itu. Dr. Mark Goulston, seorang ahli persuasi menyarankan agar kamu berolahraga sebelum berangkat wawancara agar ketegangan bisa tersalurkan dan kamu jadi lebih waspada.

Sebuah tips yang cukup bermanfaat adalah pastikan alamat kantor yang akan kamu datangi. Jangan sampai karena salah lantai atau masalah dengan keamanan di pintu masuk membuatmu terlambat sampai ke tempat wawancara.

4.Bereskan akun facebook-mu
Percaya atau tidak, kamu tahu apa yang akan dilakukan oleh pewawancara jika mereka harus memilih beberapa kandidat yang sama baiknya? Mereka akan melihat akun facebookmu. Sebaiknya kamu buat foto-foto atau notes-mu yang nakal menjadi private.

Sekarang kamu tahu kalau berbagai hal dapat memengaruhi diterima atau tidaknya kamu dalam sebuah pekerjaan, mulai dari hal yang sangat berkaitan dengan pekerjaan, sampai dengan yang sangat tidak berkaitan (bahkan beberapa staf HRD akan bertanya pada resepsionis untuk mengetahui kelakuanmu pada saat kamu menunggu giliran). Jadi, siapkan strategi dengan baik agar masa depanmu tidak tersandung oleh hal tali sepatumu yang lupa diikat.

Sumber: http://ruangpsikologi.com/dunia-kerja/tips-menghadapi-wawancara/

Regards BINUSIAN,
Bee Connected, Bee United

BINUS Alumni Relation Center (BARC)
Telp. (021) 5345830 ext. 1234-1235 / 3811-3815
Website : www.binusian.org
Email : alumni@binus.edu
Twitter : @BINUSAlumni
Facebook : https://www.facebook.com/binus.alumnicenterii
                 https://www.facebook.com/binusalumni