Membangun Bottom Up Culture, Sukseskan Peningkatan Produktivitas Bisnis



Produktivitas Bisnis
Kondisi ekonomi Indonesia pada saat ini sering dikatakan sedang dalam masa pemulihan. Namun masa pemulihan ini, di mana penjualan masih belum bisa sebaik beberapa tahun yang lampau, perusahaan terbebani dengan peningkatan biaya operasional yang tidak bisa ditolak.

Kenaikan tarif dasar listrik, biaya transportasi, kenaikan Upah tahunan, yang baik secara langsung maupun tidak langsung, akan mendorong kenaikan harga bahan baku atau supply kita juga, baik itu berupa barang maupun jasa.

Masalahnya kemudian adalah, di sisi pasar, juga terjadi penurunan daya beli besar-besaran. Banyak terjadi PHK hingga puluhan ribu tenaga kerja untuk satu periodenya.

Pasar kita sedang mengencangkan ikat pinggang. Pelanggan dapat memahami kalau harga yang kita tawarkan meningkat, namun sebagian besar dari mereka tidak dapat menerima kenaikan harga yang menurunkan daya beli mereka.

Salah satu langkah yang dapat kita lakukan adalah dengan meningkatkan produktivitas di semua lini bisnis kita, baik itu di bagian produksi, kegiatan kantor, gudang/logistik, keuangan, dan lain sebagainya. Diharapkan dengan menurunkan cost per produk atau jasa, kita bisa menahan kenaikan harga jual kita, dan dapat mempertahankan pelanggan yg sudah ada, bahkan mengakuisisi pelanggan dari pesaing kita.

Meskipun sebagian besar dari pengusaha dan Top Management sudah memahami itu semua, dan telah berusaha membuat berbagai program kerja peningkatan produktivitas, kita dihadapkan pada satu kenyataan. Bahwa seandainyapun ada perubahan, namun produktivitas yang terukur kemudian, belum mencapai hasil di level yang kita harapkan. Sebagian mungkin dihadapkan pada para SDM yang sudah memiliki budaya kerja lama yang mengakar dan sulit berubah, sebagian lagi mungkin masih meraba-raba, apakah program yang dibuatnya itu sudah benar.

Tantangan yang menghadang memang seperti tembok besar dan terasa sulit. Pertanyaannya adalah apakah kita akan diam dan berharap agar tembok itu runtuh sendiri, atau kita mau lakukan sesuatu untuk melewati tembok tersebut.

Bagi teman-teman yang mengalami hal ini, dan mau mengubah perusahaannya naik ke level budaya kerja yang lebih baik, mari gabung ke acara yang diadakan oleh Alumni Binus Semarang berikut ini:

Membangun Bottom Up Culture, Sukseskan Peningkatan Produktivitas Bisnis

Narasumber:
Widijanto Hartono
Productivity for Cost Reduction Specialist

Praktisi berpengalaman membantu peningkatan produktivitas di Air Minum Cleo, UBM Biscuits, Batik Danar Hadi, Garuda Food, Wym Cycle, dan masih banyak lagi.

Anda juga berkesempatan untuk mensharingkan kondisi perusahaan Anda pada sesi tanya jawab.

Untuk pendaftaran, hubungi:
Eko Hadi 085600635054
Hermawan 08159936115

Investasi:
Umum: 100k
Alumni Binus: 50k