SEMANGAT WFH

Merebaknya virus Corona saat ini, membuat pemerintah memberlakukan PPKM Darurat dimana perusahaan diminta untuk memberlakukan Working From Home (WFH) secara 100% full untuk sector non-esensial.

Pemberlakuan ini tentu saja harus tetap kita sambut sebagai langkah positif yang harus kita jalani saat ini demi memerangi virus corona. Nah buat kamu yang sedang bersiap WFH atau bahkan sudah melakukan WFH, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar tetap semangat bekerja.

1. Tetap bangun pagi
Walaupun kamu hanya di rumah saja, usahakan tetap bangun pagi seperti rutinitas biasa apabila kamu Working From Office (WFO). Dengan kamu bangun dan mandi pagi akan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

2. Awali dengan segelas air putih dan berolahraga ringan
Hal ini berguna bagi tubuh kamu agar tetap segar dan mengembalikan pasokan cairan tubuh yang hilang semalaman. Selain itu juga akan membantu menguatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi virus. Dua hingga tiga kali seminggu usahakan berjalan kaki di sekitar pekarangan untuk peregangan otot-otot tubuh kamu.

3. Sarapan enak dan sehat
Sarapan adalah hal yang terkadang suka diremehkan kamu. Padahal sarapan adalah hal penting yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan semangat dan energi untuk menjalani aktivitas seharian. Ada banyak sarapan sehat dan sederhana yang bisa kamu sehingga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian dan membangkitkan mood kamu.

4. Putar playlist music
Dengan mendengarkan music yang semangat di pagi hari akan membuat diri kamu menjadi lebih semangat dan ceria.

5. Penampilan
Buat penampilan kamu selama WFH dengan menggunakan aksesori atau pakaian kerja yang berbeda setiap harinya, jadi dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri dan siap dalam setiap meeting virtual.

6. Telepon teman kamu
Sesekali hubungi rekan kerja kamu di luar jam kerja untuk sekedar bertukar kabar, bercerita demi melepas jenuh WFH. Dengan melihat wajah teman-teman akan membuat dirimu merasa senang dan melepas rindu yang tidak bisa bertemu langsung.

7. Buat Jadwal harian
Membuat jadwal harian akan membuatmu lebih fokus dan menjaga semangat saat WFH. Bisa pasang di jadwal harianmu di agenda pribadimu atau tempel di sticky notes atau reminder di HP.

8. Area kerja
Kamu bisa mengatur area kerja kamu untuk lebih bersemangat dalam bekerja. Buat area kerja yang kondusif dan sesuai dengan selera kamu. Namun, jangan bekerja dari kamar tidur atau kasur, ya. Karena kamar tidur memiliki efek nyaman yang malah menimbulkan rasa malas. Jangan sampai kamu malah tidur alih-alih menyelesaikan pekerjaanmu.

9. Join Diskusi atau Webinar Online
Ada banyak kegiatan online yang ditawarkan, kamu bisa pilih yang sesuai dengan topik yang kamu minati. Agar kamu tetap bisa produktif sekalipun Cuma di rumah saja.

Jadi, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk lebih semangat selama WFH ini. Sekalipun kamu Cuma di rumah aja, bukan jadi alasan untuk ga produktif ya.

Stay safe ya teman-teman.

 

Disusun oleh: Ira Setyawati

Sumber dari:

Hariani, B. (2021). Kembali WFH, intip cara ini untuk tetap semangat kerja dari rumah. Retrieved from https://www.hops.id/work-from-home-diterapkan-lagi-ini-cara-untuk-tetap-semangat-kerja/

Astuti, N. F. (2021). WFH adalah Work From Home, Berikut Cara Tetap Semangat dan Produktif – Cara Agar Tetap Semangat dan Produktif Saat WFH. Retrieved from https://www.merdeka.com/jabar/wfh-adalah-work-from-home-berikut-cara-tetap-semangat-dan-produktif-kln.html

Oktriwina, A. S. (2021). 6 Tips agar Kamu Bisa Menjaga Semangat saat WFH. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/menjaga-semangat-saat-wfh/#.YN3rRegzbIU