Persiapan Untuk Psikotes

Salah Satu tahapan dalam seleksi kerja adalah tes psikologi atau biasa disebut dengan psikotes. Psikotes merupakan serangkaian pengujian yang dilakukan untuk mengecek kondisi psikologis dan karakter individu. Tujuan dalam psikotes kerja adalah untuk melihat apakah kandidat cocok dengan perusahaan. Walaupun terlihat sederhana, apa aja sih yang perlu kamu siapkan ya.

  1. Pelajari jenis psikotes
    Psikotes memiliki banyak jenis dan merupakan tes yang unik sehingga kamu mungkin tidak dapat memprediksi soal apa yang akan diberikan. Namun, kamu bisa mempelajari jenis-jenis psikotes agar mendapat gambaran seperti apa soal yang akan kamu dapatkan besok dan bagaimana cara menjawabnya. Kamu bisa mempelajari tes lewat buku atau secara online.
  1. Persiapkan peralatan tes
    Persiapkan semua keperluan tes sehari sebelum tes berlangsung. Periksa apa saja yang diminta oleh penyelenggara seperti alat tulis dan siapkan cadangan agar jika nantinya ada kendala, kamu tidak kesulitan untuk mencari pinjaman. Tidak ada salahnya bawa makanan ringan dan minuman agar di akhir ujian kamu bisa langsung makan dan minum bila merasa lapar/haus.
  1. Persiapkan fisik
    Dalam menghadapi psikotes, kamu dituntut untuk fokus dalam mengerjakan setiap soal dengan Batasan waktu yang sudah ditetapkan.  Pastikan kamu tidak begadang pada malam hari sebelum tes berlangsung. Dan sarapan sebelum tes agar kamu dalam kondisi yang fit dan siap untuk ujian.
  1. Kelola stress
    Mengelola stress menjelang ujian sangat diperlukan karena hal ini bisa menurunkan performa kamu dalam mengerjakan tes. Kamu bisa tidak fokus dan tidak berhati-hati dalam menjawab soal serta tidak bisa mengatur waktu tes dengan baik. Upayakan untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh sejenak.
  1. Bangun percaya diri
    Dengan rasa percaya diri, kita bisa fokus dan bisa berpikir logis dalam menjawab soal-soal di psikotes. Tetap percaya diri bahwa kamu dapat menyelesaikan semua pertanyaan, meski tidak berurutan.
  1. Jujur dalam menjawab tes kepribadian
    Salah satu rangkaian dalam psikotes adalah tes kepribadian. Ada banyak ratusan soal yang berisi mengenai kepribadian, serangkaian pertanyaan memiliki maksud dan tujuan tertentu, jadi kamu harus menjawab jujur dan apa adanya sesuai dengan kondisi kamu secara nyata.  
  1. Berdoa
    Setelah melakukan semua persiapan, langkah terakhir adalah berdoa untuk kelancaran tes. Dengan berdoa akan memberikan ketenangan dalam menjalani tes, jika dirimu tenang, kamu akan dapat mengerjakan tes dengan lebih baik dan cermat.

Jadi, dengan mengetahui persiapan psikotes ini akan membuat kamu lebih siap dalam proses ini. Jika kamu tidak lolos tahap psikotes, jangan berkecil hati ya. Karena proses psikotes ini lebih melihat kecocokan kamu dengan pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar. Yang terpenting, kamu sudah berusaha yang terbaik dalam proses seleksi kerja. Jangan patah semangat ya.

Referensi:
Ami, E. 2021. Catat! 5 Tips Mempersiapkan Diri sebelum Menghadapi Psikotes Kerja. https://www.idntimes.com/life/career/eka-amira/tips-mempersiapkan-diri-menghadapi-psikotes-c1c2?page=all diakses pada tanggal 28 Juli 2022
Rahayu, M., I. 2021. 7 Tips Persiapan Diri sebelum Menjalani Psikotes Kerja. https://glints.com/id/lowongan/persiapan-psikotes-kerja/#.Yu-RQnZBzIU diakses pada tanggal 28 Juli 2022

Disusun oleh Ira Setyawati, S.Psi., M.A.